Breaking News
Loading...
Sunday, June 30, 2013

Mendengarkan Musik Sebelum Tidur

6:07 AM
Assalamu'alaikum Wr,Wb
Selamat malam sobat DuMaY dimanapun berada, semoga sehat selalu dalam LindunganNYA, amin.
Adakah diantara Sobat DuMaY yang mempunyai kebiasaan seperti saya mendengarkan musik sebelum tidur? Setelah tanya mbah gugel, Ada kabar gembira yang saya dapatkan dan sedikit berbagi untuk Sobat DuMaY. Simak yukkk!!
Mendengarkan musik ternyata tidak hanya baik untuk merelaksasi diri setelah seharian beraktivitas, tetapi juga baik untuk meningkatkan memori otak Kita.
Mendengarkan musik dipercaya bisa menstimulasi perkembangan otak dan motorik janin dalam kandungan. Ternyata setelah orang dewasa pun, mendengarkan musik juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita lho.
Mendengarkan musik sambil berolahraga dipercaya dapat memberikan efek metronomic, bisa membuat kita semakin bersemangat dan menjaga efisiensi energi. Selain itu, manfaat musik juga didapat terutama jika didengarkan sebelum tidur. Beberapa di antaranya, mampu mengurangi stress, membangun mood baik, dan membantu melancarkan percernaan.
Memilih musik favorit yang menenangkan sebelum tidur membuat tubuh rileks, terutama kalau jenis musik yang dipilih menenangkan. Stress jadi dapat diredam. Stimulasi musik yang menenangkan, membuat tubuh melepaskan hormon dopamin lebih banyak. Dopamin dikenali sebagai hormon yang bisa menimbulkan perasaan senang. Jadi, dari tubuh yang santai akan otomatis membuat organ-organ tubuh di dalam juga punya kesempatan yang sama. Sebagai contoh organ pencernaan yang mempunyai siklus istirahat di malam hari jadi bisa beristirahat secara optimal. Pencernaan pun bisa lebih lancar. Apapun musik yang kita pilih, pastikan bisa membuat kita senang dan tenang ya.
Istirahat sejenak, hilangkan semua beban pikiran yang ada, dengarkan dan nikmati musik favorit agar dapat tidur dengan nyenyak. Supaya besok pagi bisa segar, siap menghadapi pekerjaan. Jadi, jenis musik apa yang paling Sobat sukai?
Mohon ma'af bila ada kata-kata yang kurang pas di hati Sobat, mohon saran dan kritiknya.
Dan akhir-akhir ini saya jarang berkunjung di blog Sobat dikarenakan kesibukan di dunia nyata.
Salam Persahabatan
Wassalamu'alaikum Wr,Wb.

70 komentar:

  1. Pertamax

    (...sst.. bawa drum 2 gelondong :D)

    ReplyDelete
    Replies
    1. dibawah pertamak keduax , :D hehe



      by bye :D

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Saya suka menghindari stress, tapi kumat lagi dik MaYa pas tanggal 15 keatas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. setiap tanggal 15 makannya mie instan.

      Delete
    2. "jadi orang gede menyenangkan,tapi susah di jalanin"..

      Delete
    3. yaah mas ks nyeduh nih yeee, mie instan mania

      Delete
  4. Replies
    1. gambar anak kucing ane dipajangnya feb, hahaha

      Delete
  5. klw saya biasanya klw pas pikiran kalut dengerin musik instrument

    ReplyDelete
    Replies
    1. galaunya biar tambah dramatis mbak, hahaha

      Delete
    2. Gawat nih mbah Indah sampe kalut segala.. hehehe

      Delete
    3. wah, saya sehati nih sm mbak indah... btw, suka instru-nya sp, mbak?

      Delete
    4. lagu2 nasyid enak tuh buat tmn tidur

      Delete
  6. itu kucing nya lucu ya, btw saya suka banget ndengerin sebelum tidur, klasik :D

    ReplyDelete
  7. wah lucu kucingnya :D
    wah kebiasaan WS sama nih sama mbak maya

    ReplyDelete

  8. saya paling suka musik rock tempoe doeloe...hampir tiap mau tidur selalu diputar

    ReplyDelete
  9. lebih enak kalo dengerin lagu2 lawas kayak lagunya gombloh dll.

    ReplyDelete
  10. dulu saya pernah ketiduran gara2 dengar lagunya kenny g make headshet (kebiasaan klo dgr lagu make headshet)
    tapi klo sudah mulai ngantuk sebaiknya matikan lagu, soalknya ga baik loh...
    jd sebaiknya dengar buat pengantar tidur saja :)

    ReplyDelete
  11. Tapi saya pernah baca kemaren mbak, mendengarkan musik saat mau tidur menggunakan perangkat seperti hp terus hp nya diletakkan tidak jauh dari posisi kita tidur, radiasi dari hp tersebut berpengaruh pada kesehatan.. Hp-nya yang memberi efek negatif bukan musiknya mbak maksud saya...

    ReplyDelete
  12. saya sekeluarga sebelum tidur bahkan hampir 24 jam di kamar tidur selalu saya perdengarkan murotal, dan alhamdulillah kami menikmatinya sebagai pengantar tidur

    ReplyDelete
  13. saya sering mendengarkan musik klasik saat tidur, pake hp.,
    tapi katanya gak baik juga karna bisa terkena radiasi.,
    hehe..,
    kunjungan rutin may..,
    dari blogku-yulia.blogspot.com
    salam manis
    :)

    ReplyDelete
  14. wah,, saya sendiri sering denger musik sebelum tidur,,hihi

    ReplyDelete
  15. memang mendengarkan musik terutama musik2 religi atau instrumental dapat memicu pikiran positif dan terutama hati juga menjadi lebih tenang...

    ReplyDelete
  16. memang sik asyik ya mbak may ...kalo mau tidur nyempetin denger musik dulu...

    tau2...nyesss tidur aje...hehe

    ReplyDelete
  17. Coba bandingkin dengan mendengarkan murottal Alquran sebelum tidur mba, bandingkan ketenangan pikiran dan jiwa yang didapat.. :)

    Salam kenal dari Blog Bandaro :)

    ReplyDelete
  18. Sebelum tidur dengeri musik...
    Bangun tidurpun langsung dengerin musik...
    Hmmm... Musik memeng gak bisa dipisahkan dari kehidupan kita...
    Btw adminnya lagi dengerin musik apa yaa??? :)

    ReplyDelete
  19. wah kalo saya sih bisa sampai ketiduran mbak :D

    ReplyDelete
  20. musik bagi saya kadang membangkitkan semangat kadang jg bikin kantuk, tergantung suasana jiwa saat itu

    ReplyDelete
  21. Kalau saya malah gak bisa tidur kalau ada suara musik..

    ReplyDelete
  22. wah saya tiap malam.. kalau mau tidur dengerin musik sampai saya tertidur.. selain biasa cepet tidur.. musik juga bisa membawa kita mimpi indah hehehehe

    ReplyDelete
  23. asyiiik, abis ngaji, dengerin musik ahh

    ReplyDelete
  24. aku juga pnya kebiasaan dengar musik klo mau tidur,,

    lgu favorit km ap,, hehehehe

    ReplyDelete
  25. Wah nais inpoh, kalo saya sering ketiduran depan tipi hehe...

    ReplyDelete
  26. Malem2 mau bobo dengerin lagu Apenjet Sepenpold .... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hati-hati mas nazar ntar mimpi dikejar hantu dalam video avenged 7 fold - litte piece of heaven, hahaha

      Delete
  27. Replies
    1. itu kucing sudah di didik mbak maya 4.5 tahun lamanya, hahaha

      Delete
  28. wah, saya sering denger lagu sebelum tidur kalo lagi stres..

    ReplyDelete
  29. wah info menarik nic.. saya kurang suka dengar musik. ternyata banyak manfaat ya ??

    ReplyDelete
  30. kalau lagi stres saya mending makan terus tidur, bangun tidur trs pikiran fress.

    ReplyDelete
  31. nyimak kucing lucu tuh..follback ditunggu

    ReplyDelete
  32. Hmmmm... sy belum tau fungsinya, tp selama ini sy seperti itu.. enak aja dgr lagu sebelum tidur, malahan sampai bangun pagi musiknya masih jap jep jap jep aja sendirian...

    ReplyDelete
  33. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  34. Saya juga suka dengerin muzik buat ngilangin letih badan dan pikiran
    Tapi dengerin muzik sambil tidur(pakai handset)kurang baik juga karena bisa mengganggu organ tubuh yang lagi istirahat kurang lbihnya begitu...maaf cuma dapat info baca berita hehe.

    ReplyDelete
  35. Sebelum tidur dengerin musik lembut bikin pikiran rileks dan tidurpun jadi nyenyak hehe...

    ReplyDelete
  36. Kalau mau yang serba alami tanpa efek radiasi dari perangkat musik yang kita gunakan, buat rumah dipinggir hutan saja mbak maya. Dijamin banyak suara musik dari alam. Ada suara kodok, siamang, jangkrik dll.

    Dijamin TOP, hehehe

    ReplyDelete
  37. waalaikumsalam, musik itu universal dan bermanfaat,
    namun alangkah baiknya bila kita bisa lebih bijak memilih musik apa saja yang layak buat kita dengarkan sebelum tidur....agar tak ada efek negatifnya buat jiwa kita kelak....salam :-)

    ReplyDelete
  38. mungkin aq orang aneh yg ga bisa tidur dengan mendengarkan musik...

    ReplyDelete
  39. fotonya lucu banget gan.. :) :D

    ReplyDelete
  40. Bener2 Ukhti, mendengarkan musik itu bagus untuk relaksasi tapi banyak artikel mengungkapkan kalo mendengarkan musik sambil tidur dan pakai headset itu tak baik...

    ReplyDelete
  41. Kalau The beatles cocok ya gak gan ... heheh
    center60.blogspot.com

    ReplyDelete

 
Toggle Footer