Breaking News
Loading...
Friday, June 21, 2013

Leci " LYCHEE"

12:41 AM
Assalamu'alaikum Wr,Wb
Salam sehat dan sukses selalu buat sobat DuMaY dimanapun berada, semoga kita selalu dalam LindunganNYA, amin.
Buah-buahan banyak mengandung vitamin, baik untuk kesehatan tubuh, tapi apa jadinya jika pada saat itu kita mengkonsumsinya secara berlebihan? yang ada malah sebaliknya, sakit perut (terlalu kenyang) atau kadang mules.
Musim panas, musimnya leci dan nanas,,, heehehehe,,,,
Sudah sekitar 2 bulanan kebanyakan makan nanas dan leci (curhat ni).
Sobat DuMaY ada yang gak kenal sama buah leci? pastinya sudah tidak asing lagi, sedikit gambaran tentang buah leci buahnya terbungkus dengan kulit tipis berwarna merah. Dagingnya putih dan berair terasa manis dengan jejak sedikit asam. Buah leci yang matang ditandai dengan warna kulit yang kecokelatan.
Inti masalahnya kali ini cuma mau berbagi manfaat yang terkandung dalam buah leci.
Manfaat Buah Leci Untuk Kesehatan
Kandungan Leci Setiap 100 gram buah leci, terdapat 72 mg vitamin C. Vitamin ini adalah vitamin terbanyak yang dikandung buah leci. Hanya dengan memakan sembilan buah leci, kebutuhan harian vitamin C orang dewasa akan terpenuhi. Buah ini juga rendah lemak sehingga baik dikonsumsi oleh orang yang sedang berdiet ataupun hanya mempertahankan berat badan.
Kandungan sukrosa dan glukosa buah leci juga sangat melimpah. Mengonsumsi buah leci pada malam hari dapat menambah cadangan energi untuk keesokan harinya. Kandungan gula di dalamnya sangat bervariasi, tergantung varietas leci. Selain itu, leci adalah sumber serat pangan (dietary fiber) yang lumayan. Sebab, setiap 100 gram buah leci, serat yang dimiliki sekitar 1,3 gram.
Membantu Pertumbuhan dan Mencegah Kanker
Berdasarkan penelitian di Prancis, ditemukan bahwa leci memiliki kandungan polifenol 15% lebih tinggi daripada anggur merah. Polifenol berguna untuk mencegah kerusakan jaringan sel tubuh yang bisa menyebabkan kanker. Penelitian tersebut dimuat dalam Journal of Nutrition. “Polifenol berperan sebagai benteng pertahanan yang melindungi tubuh dari serangan penyakit dan kerusakan sel,” kata David Grotto, penulis buku 101 Foods That Could Save Your Life!
Selain itu, di dalam buah leci, terdapat kalsium, fosfor, dan magnesium. Ketiga mineral ini sangat penting untuk anak-anak dalam masa pertumbuhan. Mineral ini juga diperlukan oleh orang dewasa untuk menghambat laju osteoporosis.
Membantu Menurunkan Hipertensi
Kadar kalium yang terdapat dalam buah leci sangat tinggi. Kalium sangat berguna untuk meningkatkan keteraturan denyut jantung. Potasium, nama lain kalium, juga bagus untuk mengendalikan keseimbangan cairan pada jaringan sel tubuh. Selain itu, buah ini juga dapat dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.
Obati Batuk dan Luka Lambung Dalam sejarah pengobatan, buah leci dipercaya dapat mengobati batuk serta memiliki efek yang menguntungkan untuk menyembuhkan gastralgia, tumor, dan pembesaran kelenjar.
Telah dilaporkan bahwa pemberian leci segar di Florida, dapat menyembuhkan luka lambung, sehingga penderita yang sebelumnya merasa terganggu dapat kembali menikmati makanan dengan enak.(berbagi sumber)
Dari Uraian Manfaat Buah Leci Untuk Kesehatan diatas kita patut bersyukur kepada Allah SWT yang telah menciptakan Buah-buahan yang segar juga penuh manfaat yang baik bagi tubuh kita ,Ini merupakan salah satu bentuk kasih sayang Allah kepada umatNYA. Karena didalam buah itu sendiri banyak mengandung Vitamin yang dibutuhkan tubuh kita.
Mungkin sobat tahu manfaat dari buah leci, silahkan tambahkan pada kolom komentar, terimakasih.

27 komentar:

  1. buah leci enaknya dibuat campuran minuman terus ditambah sirup marjan mbak, tadda jadi dah macam iklan. Tinggal bilang "AYO MANDIIN SAPI"
    hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayo sebuton merek suruh bayar dulu mbak maya..

      Delete
    2. hahahaha,,,,,,
      kok mandiin sapi? kaitannya apa?


      mas djono,,, mnta pajak mas,,ma mas NOva tu,,,

      Delete
    3. hahaha, kan ada iklan sirup marjan di tv yang gunakan buah leci tuch mbak, kata2nya saya ambil dari situ...

      Delete
    4. enaknya kalo dimakan dong...

      Delete
  2. belum tahu leci asli may..cuma difoto doang

    ReplyDelete
  3. Buah leci banyak sekali manfaatnya ya...
    Dari potonya kok kayak klengkeng gitu bentuknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mus dJono ,,,, iya sejenis kelengkeng,,, sama persis,,dalam n isi leci cuma beda warna aja,,,

      Delete
  4. Jujur sob, saya pribadi malah jarang makan buah leci. Paling sering makan buah yg sudah familiar misalnya jeruk, apel, semangka, nanas, dll. Kalo leci kayaknya jarang di daerahku, besok aku coba beli deh di tokobagus.com#eh maksudnya toko buah terdekat. Pengen tau rasanya gimana.

    Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini lagi musim,,, banyak, jadi harganya murah,,

      Boleh mas deni,,, daripada ngidam,,, hehehe,,,
      sama kayak kelengkeng kok

      Delete
  5. Kalo saya jarang makan leci mbak. . . dirumah saya kebanyakan cuma pohon mangga dan nangka. Dan lagi musimnya nih ,,jadi puas makan mangga sama nangka :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mas wahyu,,, udah musim mangga,,,
      tapi ada mangga kulitnya warna merah nie

      Delete
  6. saya suka leci, lebih familiar sirup2 yang berasa leci mba... :D

    ReplyDelete
  7. Hem, di tempatku tidak ada pohon Leci jadi terang aja beLum pernah Liat..

    SeLama ini cuman ngerasain Leci dari hasiL oLahan nya aja, aLias syrup dan semacam nya hehehe

    #btw, kok mirip Lengkeng yah? Hmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya,,,,hampir sma sist,,
      leci buahnya lebih gedean dikit ma kelengkeng

      Delete
  8. Banyak juga ya manfaat Leci ... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Maz nazar,,,, smua terkandung mnfaat di dalamnya,,,

      Delete
  9. dari orok sampe gede belom pernah makan buah leci, paling cuma minuman rasa leci :v

    ReplyDelete
  10. leci itu sama ak sih kaya kelengkeng?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang lebih sama,,,, cuma beda rasa n warna kulitnya aja sOb

      Delete
    2. nanti coba beli ah dipasar tani

      Delete

 
Toggle Footer