Breaking News
Loading...
Monday, June 17, 2013

P E C E L

9:03 AM


Makanan yang satu ini pasti gak asing buat kalian termasuk juga saya, tapi berhubung lagi pengen banget makan pecel tapi gak keturutan juga, ya beginilah jadinya....corat coret about PECEL.. hehehe....
meskipun dibilang makanan kampungan pecel merupakan salah satu warisan kuliner Indonesia yang banyak diminati khususnya masyarakat Jawa. Pecel berbahan dasar sayur-sayuran rebus yang dihidangkan dengan bumbu kacang. Hidangan pecel dapat dikategorikan sebagai hidangan salad tradisional Jawa dengan bumbu kacang.

Racikan sayuran rebus dan lauk yang ditempatkan di atas tampah bambu atau pincuk daun pisang ini berbeda, dari kota di Jawa yang satu ke yang lain. Namun, potongan kacang panjang, taoge, mentimun, daun singkong, daun kemangi, dengan siraman bumbu kacang adalah perpaduan yang paling umum. Selain itu ada variasi yang menambahkan daun bayam, daun turi, krai (sejenis mentimun), dan taburan lamtoro (petai cina). Bumbu kacang yang disiramkan di atas pecel disebut "bumbu pecel" yang terdiri dari kencur, gula merah, garam, cabai, daun jeruk, dan kacang tanah sangrai yang dicampur, ditumbuk atau diulek. Ada juga yang menambahkan daun jeruk purut, bawang putih, dan asam jawa dalam campuran air untuk mencairkan bumbu kacang.

Pecel pincuk Madiun, Jawa Timur, adalah salah satu varian pecel yang paling terkenal. Taburan petai cina (lamtoro), daun pepaya, serundeng kelapa, dan kacang goreng, melengkapi paduan sayuran rebus. Aneka lauk yang biasa sebagai pelengkap adalah tempe dan tahu goreng, telur asin, hati ampela, perkedel jagung, sampai empal dan paru. Pecel sering juga dihidangkan dengan rempeyek kacang, rempeyek ebi, rempeyek kedelai, atau kerupuk gendar. Selain itu pecel juga biasanya disajikan dengan nasi putih yang hangat. Cara penyajian bisa dalam piring atau dalam daun pisang yang dilipat yang disebut pincuk.



Bahan Masakan Pecel :
125 gram daun singkong,cuci,rebus dan potong-potong
200 gram kangkung
150 gram kacang panjang,potong-potong kecil
225 gram tauge
150 gram kol/kubis

Bumbu Masakan Pecel:
250 gram kacang tanah,goreng
11 buah cabe rawit hijau
3 siung bawang putih
3 lembar daun jeruk,buang tulangnya
2 sendok makan air asam jawa
5 sdm irisan gula merah atau sesuai selera
Kencur secukupnya
Garam secukupnya
Air secukupnya

Cara membuat Masakan Pecel :
Rebus masing-masing bahan pecel secara terpisah
Goreng cabe rawit,bawang putih,daun jeruk dan kencur
Haluskan bumbu yang sudah digoreng bersama gula merah dan kacang goreng sampai halus
Tambahkan air asam jawa,aduk rata,taruh di dalam sebuah toples kecil
Ambil sedikit bumbu pecel,campur dengan air secukupnya
Susun sayuran yang sudah direbus di dalam sebuah piring
Tambahkan diatasnya bumbu pecel yang sudah diencerkan
Siap disajikan dan selamat makan pecel.......hehehehehe........

-------Thanks-------





58 komentar:

  1. ini dia makanan kesukaan aku hehehe... jdi laper liat pecel xixii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak @eka ,,,, Jangan d lihatin aja kak,,, ntar lapar tyus

      Delete
  2. Enak banget tuh mbak kayaknya .. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Maz Nazar,,, udah g kayaknya lagi,,emang kenyataannya enak

      Delete
  3. waduh ini sih pelecehan seksual namanya
    ga tau aku penggemar berat pecel dan dah lama banget ga makan pecel

    *jadi pengen pulang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. apa hubungannya pecel sama pulang Mas?

      Delete
    2. ya mas rawin mau mecel ibuke arek-arek mas

      Delete
    3. wkwkwkwkwwkwk,,,,,,
      aya" bae kak agus,,,,,,,
      di rumah di buatin pecel ma kluarga jdi lebih enak

      Delete
    4. yang dirumah Pecel apa pecel tuh jiakakak

      Delete
    5. jiaaah...
      di hutan mana ada pecel. tiap hari ikan dan ikan forever. kalo mau ganti menu paling ke hutan berburu celeng.

      *emangnya obelix..?

      Delete
  4. dirumah saya sering bikin pecel sendiri. pecel tuh memang top markotop..

    ReplyDelete
    Replies
    1. lha wong ada sambel instannya tinggal kasih air panas

      Delete
  5. saya suka makan sambel pecel dengan nasi hangat to' :D

    ReplyDelete
  6. Emang ciri khas kota madiun adalah mennu favoritnya yaitu pecel, saya sudah pernah kesana dan mencicipi nikmatnya pecel madiun. Namun sekarang sudah byk warung2 yg menyuguhkan pecel sebagai menu sarapan di pagi hari

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah merata di seluruh negeri,,,,

      pecel lele asal mana ya kak?

      Delete
  7. Pecel, makanan khas yang amat disukai khususnya ketika sarapan pagi. Sejak masih kecil saya amat menyukainya sampai kini. Terima kasih resepnya. Salam cemerlang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kak @herdOni,,, ntar bisa d cObain sendri,,, salam sukses jga

      Delete
  8. jadi ingat masa lalu pas masih sekolah. senengnya makan di SGPC (Sego pecel) dekat kampus ..

    ReplyDelete
  9. di tempat saya pecel ini makanan yang laris manis harga murah tapi mengenyangkan... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mb alya,,,,, merata di kebanyakan daerah,,,
      karena bhan" nya mudah di dpat

      Delete
  10. wah... di daerah saya harga pecel 500 rupiah ,,hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. beli rp.500 gak cukup feb,,,,
      cuma dpat 1 bgkus

      Delete
  11. Ada yang pernah denger Sego Pecel Gambrengan, itu Nasi Pecel didaerahku, nggak kalah enak lho dengan Nasi2 Pecel lainnya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah ..di daerah saya juga ada sego pecel..di nganjuk jatim

      Delete
    2. @Wong Grobogan,,,, Maya lom pnah dengar,, ntar la ktemu pasti nyobain ,,,

      @ feb,,, asli nganjuk ya?

      Delete
  12. Menu mur-mer (murah meriah), bikin ndiri aja Maya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak,,,, yar gak ngiler ,,, hehehehe

      Delete
  13. Replies
    1. ada kerjaan di dunia nyata sOb,,,,,
      hehehehe,,,,

      Delete
  14. kelihatan enak ni pecel :)

    comeback

    ReplyDelete
    Replies
    1. g cuma keliatan aja gan,,,,
      emang nyatanya enak
      hehehe

      Delete
  15. hadehhh baca blognya bikin saya laper, pas jam istirahat tapi makanannya excel.. haha lembur dah!

    salam blogger :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @susan,,,,excel juga ngenyangin otak sist,,,,, hehehe

      Delete
  16. Ternyata banyak juga peminat pecel, I missssss u pecellll...... Emak disini gak ada pecel, kirimin donk.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. cup cup cup
      beli sambal pecel instan,,, syurnya rebus sendiri,,,,

      Delete
    2. yang instan kurang maknyussss...... hehehe

      Delete
    3. ke rumahnya budhe q d PG,,,, law mw,,,
      sering masak pecel jga,,, hehehe

      Delete
  17. Wah makanan khas Indonesia nih, aku juga suka. Apalagi kalo yang pedes.

    Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. @deni,,,,mantabbb,,,
      jangan kebanyakan makan pedes ntar perut bisa mules

      Delete
  18. pengen tau klimaksnya rasa dari pecel...
    campuri kuahnya rawon, nanti kerasa banget pecel dan rawonnya dan itulah cara saya menikmati masakan pecel

    ReplyDelete
    Replies
    1. kak agus,,, Mantab,,,, saya belum pnah nyoba,,,
      ntar dech saya cba menikmati pecel bersama rawon

      Delete
    2. kalo ada yang masakin sy jg tdk menolak kok buat nyobain....

      Delete
    3. ada,,,, di warung,,, tinggal pesan,,,,
      siap dech kita cOba berbagai macam menu

      Delete
    4. hmmmmm....................malah warung,,,,

      Delete
  19. Pecel bukan makanan kampung kok,,terbukti di tempatku ( resto ) menu yang satu ini menduduki ranking teratas diantara jajaran menu lainya,,,
    costnya kecil untungnya besar lho hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah....mantab....resto mana nih? boleh mampir dong....

      Delete
  20. Huum... Jadi pengen pulang kampung. Pecel yang pakai daun pisang buat piringnya terasa lebih asoyy

    ReplyDelete
  21. wah kayanya enak bgt tuh.. jadi ngiler :D

    ReplyDelete
  22. wahh.. jadi pengen pecel buatan ibuk >.<

    ReplyDelete

 
Toggle Footer