Breaking News
Loading...
Tuesday, July 23, 2013

10 Manfaat Dari Buah Markisa

2:42 AM
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh
Apa kabar sobat DuNia MaYa dimanapun berada? Mudah-mudahan sehat wal'afiat dan juga puasanya lancar tanpa ada suatu halangan apapun, amin,,,,,
Lama nich gak publish artikel dikarenakan kesibukan di dunia nyata, jadi tersia-sia blognya,,
Kali ini saya akan berbagi Manfaat Buah Markisa yang telah saya rangkum dari berbagai sumber.
Siapa yang tidak mengenal buah markisa? Pasti sobat semuanya sudah mengenal kan?
Markisa adalah tumbuhan yang berasal dari luar negeri, tergolong ke dalam tanaman genus Passiflora, berasal dari daerah tropis dan sub tropis di Amerika. Nama lain yang dikenal di berbagai dunia untuk buah ini antaranya maracujá (Portugis), maracuyá (Spanyol), Passion Fruit (Inggris), Granadilla (Amerika Selatan dan Afrika Selatan), Pasiflora (Israel), Lilikoʻi (Hawaii), Lạc tiên, Chanh dây atau Chanh leo (Vietnam), dan Pai Siang Ku (Bahasa Mandarin). Oleh sebab itu, buah markisa adalah buah yang berasal dari wilayah sekitar Brazil bukan buah yang berasal dari Indonesia.
Buah markisa bisa dimakan langsung, namun umumnya daging buahnya diekstrak serta diawetkan dengan cara pemanasan atau pendinginan. Sari buah markisa mempunyai aroma yang khas serta keras, terasa asam, bisa jadikan konsentrat alami. bila ditambah pemanis ( gula ) serta diencerkan maka terasa amat enak serta pas untuk digabung dengan sari buah yang lain. product olahan yang khas yaitu es cream, sirup, serbat, nentar, sari buah, konsentrat, squash, selai, serta jelly.
Berikut Manfaat Buah Markisa yang sangat baik untuk kesehatan:
1. Kaya Akan Antioksidan
Buah markisa merupakan buah yang sangat kaya akan antioksidan, kandungan antioksidan yang tinggi pada buah ini dapat terlihat melalui warna kulit dan daging dari buah ini,Fungsi antioksidan sendiri adalah dapat membantu tubuh untuk menghambat berkembangnya sel kanker di dalam tubuh kita. Salah satu zat antioksidan yang bisa kita temukan di dalam buah markisa adalah beta-karoten, Antioksidan yang terkandung di dalam markisa ternyata dapat larut di dalam lemak tubuh kita.
2. Untuk Menyembuhkan Insomnia/Gejala Susah Tidur Buah markisa sendiri memiliki efek untuk menenangkan saraf manusia sehingga dapat membuat perasaan menjadi tenang dan dapat membantu untuk menenangkan pikiran yang sedang kacau, mengkonsumsi buah markisa sebelum tidur akan dapat membantu kita untuk tidur lebih nyenyak.
3. Kaya Akan Serat
Buah Markisa mengandung serat yang sangat tinggi di dalamnya, fungsi serat di dalam markisa sendiri dapat membantu tubuh dalam melancarkan pencernaan, Markisa sendiri bisa dijadikan sebagai alternatif obat alami dalam melancarkan pencernaan tubuh, dan dapat dijadikan sebagai obat untuk mengobati sakit maag.
4. Sumber Nutrisi Yang Baik Untuk Tubuh
Buah Markisa merupakan salah satu buah dengan kandungan sumber vitamin C yang baik bagi tubuh manusia, vitamin C sendiri fungsinya adalah meningkatkan kekebalan pada tubuh kita dan merupakan salah satu antioksidan kuat untuk tubuh dalam melawan penyakit. Selain vitamin C,buah markisa sendiri mengandung vitamin A yang berfungsi untuk meningkatkan kualitas penglihatan dan membantu tubuh dalam melawan infeksi.
5. Mengobati Asma
Buah Markisa sangat baik bagi Penderita Asma, markisa adalah buah yang sangat bergizi dan sehat yang dapat menenangkan serangan asma. Selain karena mengandung vitamin C, Markisa tampaknya memiliki efek memblokir histamin yang menyebabkan gejala asma.
6. Melawan Kanker
Menurut penelitian di Universitas Florida menunjukkan bahwa ekstrak dari buah markisa mengandung fitokimia yang dapat membantu melawan sel - sel kanker. Oleh sebab itu, buah markisa juga bermanfaat sebagai obat untuk melawan sel kanker. Kandungan fitokimia dalam buah markisa ini pun terdiri dari passaflorine, harmol, karotenoid, krisin, harman, harmalin, viteksin, harmine, dan isoviktesin.
7. Memiliki Efek Relaksasi
Minum segelas jus markisa dingin dapat membantu kita mengendurkan saraf dan pikiran kita dan membuat perasaaan menjadi lebih tenang.
8. Baik untuk Diet
Bagi orang yang sedang menjalani Diet, Buah-buah merupakan hal yang wajib dikonsumsi, dan markisa sangat baik untuk dikonsumsi. Hal ini dikarenakan markisa memiliki kalori yang rendah, hanya 97 kalori per 100 g! Buah markisa juga rendah sodium dan lemak. Markisa juga mengandung karbohidrat dan gula alami dalam jumlah yang baik. Nutrisi buah ini bekerja menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.
9. Khasiat Yang baik
Markisa mempunyai khasiat untuk menyembuhkan gejala alergi kronis. Juga pemulihan kondisi pasien liver dan ginjal, serta memicu peningkatan kekebalan tubuh dan kekuatan antibodi dalam darah. Bahkan, markisa juga mampu menyaring, memisahkan, dan membuang racun dari dalam tubuh.
10. Baik Untuk Kulit
Dari hasil penelitian laboratorium, Vitamin C dan antioksidan yang terkandung dalam buah markisa bisa meningkatkan kesegaran kulit tubuh dan merangsang pertumbuhan sel muda pada kulit wajah.
Sekian dulu ulasan Manfaat Dari  Buah Markisa, masih banyak manfaat yang lain yang belum kita ketahui, apabila ada kata-kata yang tidak pas saya mohon ma'af, Semoga bermanfaat, happy blogging dan selamat menjalankan ibadah puasa.

129 komentar:

  1. Ebuset, baru tau saya kalo markisa manfaatnya bisa buat lawan kanker pisan.

    Keren mbak infonya, nais share

    ReplyDelete
  2. ternyata bisa untuk mengatasi alergi kronis ya...luarbiasa :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah pada tau kan, yuk kita makan markisa...

      Delete
    2. masalahnya tidak ada di meja saya, kirimi dong kirimi

      Delete
    3. makan duluan cak Gus,nanti saya belakangan

      Delete
  3. Aku suka buah ini karena rasa asam dan aromanya, nice shared, Mbak Maya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga suka kalo dikirimin...mas agus setya juga suka dikirimin kok :-)

      Delete
  4. wah, saya suka banget markisa...tapi nggak di ju, digrogoti gitu aja, asem asem manis...tapi kalau markisa di daerah sini biasanya manis aja, nggak ada asemnya...kurang enak di jus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. apa apa suka sih, nggragas, huuuu

      Delete
    2. wuihhh pasukan apatuh namanya??mosok seh pasukan nggragas huhuhu

      Delete
  5. Ayo bagi yang ingin diet, ada baiknya konsumsi markisa yahhh

    ReplyDelete
  6. Ternyata buah markisa banyak manfaatnya ya... baru tahu... tapi untuk poin 8 mamang ndak coba, ndak diet aja udah langsing eheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan kurus. tapi kerempeng..wkwkwk

      *kabur

      Delete
    2. untung aku ga pernah makan
      bisa jadi triplek tar...

      Delete
    3. baguslah itu kalo jadi triplek, bisa buat dinding kamar :-)

      Delete
    4. waakakkaakka :D

      parah lu gan

      Delete
  7. Replies
    1. puasa nya inget, tapi hari nya doang yg di inget,.
      :D

      Delete
  8. Tetangga saya juga punya 2 pohon markisa.. Kalo lagi berbuah saya sama teman2 suka minta buahnya..hehe
    dan ternyata manfaatnya banyak ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. trnyata mas wahyu ngabisin pnya tetangga,,,
      gehehehehe,,,,, :-D



      *guyon

      Delete
  9. wah ak sudah jarang nh makan buah markisa.
    krena tmpatnya beli jauh... hehehehe,, mesti ke toraja ato enrekang klo d disini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. jauh ya mas? kayaknya harus tananm se

      Delete
    2. tanam pohonnya di kebun dekat rumah mksd saya, ,,

      Delete
    3. di mini market juga banyak kok
      sirup markisa tapinya...

      Delete
    4. haha,,, =))
      itu sih udah di campur2 #emang cendol dicampur.. :-d
      kan gk natural lgi..
      munkin khasiat nya pun sudah berkurang

      Delete
  10. Buah markisa seger dan bermanfaat nih buat buka puasa.... tambah susu bendera

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum pernah nyoba kalau dtambah susu

      Delete
    2. Aku juga belum pernah... hehe :)

      Delete
    3. saya malah belum pernah makan markisa hahaha...

      Delete
  11. Replies
    1. markisa itu enak tau......
      :D

      Delete
    2. iya gitu ? dulu saya pernah makan tuh, ngga suka bentuk nya.. kaya telur kodok -_- jadi geli kalo dimakan tuh :D hahaha

      Delete
    3. tenang om tak temenin
      aku juga belum pernah kok...

      Delete
  12. wach...ternyata banyak manfaatnya ya mbak..
    bisa melawan kanker, baru tau saya
    :)

    ReplyDelete
  13. Ada lagunya tuh di iklan, *markisa... markisa...

    #halaah,

    ReplyDelete
  14. waduh saya salah waktu berkunjung nih... seharusnya saya berkunjung apa malam hari.. jadi nggak naik tirun jkun saya liat buah markisa yang sedikit masam itu.. hohojo.. jaga iman semoga puasa nya lancar... heheheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehhehehe ,,,
      mas nady bisa aja,,,
      mudah"an lncar sampe petang

      Delete
  15. markisa disini (makassar) dijadikan dodol, blom pernah nyoba kan? *smile

    thx infox ya...

    ReplyDelete
  16. saya suka sekali dengan buah satu ini May. soalnya manfaatnya banyak banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga mas, suka markisa, apalagi kalau abis di letakkan di lemari es, kita makan, dingin tambah maknyus

      Delete
    2. buah yang satu..?
      kalo yang dua gimana, om..?

      Delete
  17. kurang begitu suka markisa, sayang. ada pilihan buah lain gak?

    ReplyDelete
  18. Ternyata banyak juga ya manfaat buah markisa, saya malah baru tahu manfaatnya, padahal juga sering makan buah tersebut hehehe :D

    Terimakasih banyak mbak Maya sudah memberikan informasi yang sangat menarik. Saya jadi tambah ngerti tentang asal-usul dan manfaat buah markisa.

    Oh iya, saya izin follow blog nya ya :)
    Ditunggu followback nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan mbak dngan senang hati... :-d

      Delete
  19. Saya paling seneng sama buah konyal ini...bikin adem sih hehe :)

    ReplyDelete
  20. enaknya tuh buat buka ya...?? hehehe bikin nyiler deh

    ReplyDelete
  21. setelah membaca saya pengen makan markisa, soalnya udah lama tak makan buah yg satu ini :D

    ReplyDelete
  22. mampir lagi ya mbak indah, ditunggu nih kunjungan baliknya :)

    ReplyDelete
  23. Berkunjung lagi dan salam blogwalking ceria.hehehe

    ReplyDelete
  24. jadi kepengen makan markisa..liat gambar diatas hehe

    ReplyDelete
  25. wah banyak juga manfaat buah Markisanya yah mbak Maya, boleh juga nih artikel sangat bermanfaat, makasih yah udah share :)

    ReplyDelete
  26. Selain rasanya yang enak dan segar, Ternyata buah markisa ini memiliki 10 manfaat yg berguna bagi kesehatan
    terima kasih sudah berbagi info maYA...
    salam sukses selalu

    ReplyDelete
  27. Wah ternyata banyak juga manfaatnya yah, saya biasanya makan markisa dibelah trus campur sama gula..hmmm mak nyusss

    ReplyDelete
  28. ternyata banyak sekali ya kasiatnya, tapi rasanya asem banget

    ReplyDelete
  29. Baru tau kalo bisa mengatasi insomnia juga yaa....
    kunjungan sis,
    blogku-yulia.blogspot.com

    ReplyDelete
  30. Jadi ingat dengan sirup Markisa yang biasa dikonsumsi dikala Lebaran. Begitu banyak manfaat alami yang dikandung oleh buah Markisa. Tampaknya belum banyak petani Indonesia yang membudidayakan buah Markisa ini. Terima kasih sharingnya. Salam cemerlang.

    ReplyDelete
  31. itu markisa atau delima atau mah mah an sih beda daerah beda nama.
    tapi saya baru tau manfaatnya lho mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya saya juga baru tau ternyata banyak manfaatnya yah...

      Delete
  32. Wahhh liat gambarnya aja dah ngiler... ini buah kesukaanku di kampung.. ternyata banyak jg manfaatnya...

    btw, komentku yg kemaren di tulisan ini koq...???

    ReplyDelete
  33. wah sayang banget baru tau khasiatnya sekarang...pohon markisa di tempat WS baru saja dibuang n ga bersisa sedikitpun karena buahnya asem bangret, padahal walopun asem banyak manfaatnya ya

    ReplyDelete
  34. informasinya sangat bagus nih, nice :)

    ReplyDelete
  35. ini makanan kesukaan saya dulu,,berhubung sekarang pohonnya sudah mati, jadi gak pernah makan lagi, ternyata banyak sekali manfaatnya, terima kasih infonya :)

    ReplyDelete
  36. bisa untuk obati insomnia,, wah,, kece baru tahu

    ReplyDelete
  37. nnti bli sirupnya ajj deh,, hehehe :)
    soalnya buahnya susah d cri :D

    ReplyDelete
  38. markisa itu ada berapa jenis sih?

    ReplyDelete
  39. makasih infonya maya , saya juga seneng buah markisa :)

    ReplyDelete
  40. aku baru tahu ini mbak maya.

    ReplyDelete
  41. ternyata bisa untuk obat susah tidur ya ? aku sering mengalami susah tidur, berarti harus rajin makan buah markisa nih.

    ReplyDelete
  42. Mampir lagi May... mana updatenya? hahahaha...

    ReplyDelete
  43. wah, manfaat banyak ya ? tapi sayang saya kurang suka sama masrkisa. :(

    ReplyDelete
  44. Buahnya seger, jadi pengen makan buah markisa.. :D

    ReplyDelete
  45. Di rumah sy ada tanaman markisa tapi sy sendiri belum tahu betul manfaatnya. Pokoknya pas masak nyatap doang... hehe..

    ReplyDelete
  46. ane kagak pernag nyoba nih buah... pernah coba tapi sirupnya :D

    ReplyDelete
  47. waktu kecil ane dikibulin ama temen ane.. katanya buah yang ada d pinggiran sungai itu markisa eh ternyata makanan ular... hahaa

    ReplyDelete
  48. apapun yang diciptain tuhan pasti banyak manfaatnya .. kagak ada yang mubadzir :D

    ReplyDelete
  49. kalau saya paling seneng dengan buah markis/konyal, karena punya pohonnya eheheh

    ReplyDelete
  50. makasih infonya sobat, menambah wawasan saya :)

    ReplyDelete
  51. ternyata buah markisa banyak juga y kasiutnya

    ReplyDelete
  52. kok buah markisa nya beda ya sama yang didaerah saya? apa ada banyak jenis buah markisa? :)

    ReplyDelete
  53. sayang ane gak terlalu suka markisa, eh sob ane cuma nyaranin aja. jangan suka ganti2 template yah, soalnya bisa ngaruh ke jumlah pengunjung sobat #saran

    ReplyDelete
  54. Ternyata banyak juga ya manfaatnya. Kalau ane belum pernah makan markisa langsung. Tapi sirup markisa sering banget. Dapat khasiatnya nggak ya?

    ReplyDelete
  55. Wah ternyata banyak manfaat nya.. ^_^ ... BEli ahh,,
    http://center60.blogspot.com/

    ReplyDelete
  56. kalau tau begitu banyaknya manfaat markisa, ngga mungkin pohonnya dibelakang rumah eyang putri saya tebang...
    #menyesal

    ReplyDelete
  57. Wah... disini jarang jual markisa, musiman.... manteb deh, kalo ada yang jualan pasti dibeli... he

    ReplyDelete
  58. kalau ditempat sayamah namanya buah konyal tuh ,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh buah konyal yah kang takirain makisa hehe...

      Delete
  59. Hadir demi buah markisa, asma bisa hilang.

    ReplyDelete
  60. wah, banayk ya manfaatnya..
    ishma berkusaha ah menyukai buah markisa..

    ReplyDelete
  61. kenapa jurnal terakhir menghilang..?
    hahah

    ReplyDelete
  62. Seingat saya belum pernah coba buah yang beginian kalau sirup markisa selalu, hahahaha.

    Maaf mbak baru bisa berkunjung sekarang...

    ReplyDelete
  63. Pas banget niih postingannya, mau lebaran, sediain menu minuman markisa.

    ReplyDelete
  64. Mampir lagi, ngebayangin markisa yang asem-asem enak

    ReplyDelete
  65. Lho.. artikelmu kyknya ada yg dihapus yo... yg setelah markisa ini...

    ReplyDelete
  66. wah templatenya ganti lagi ya mbak :D bagus nih templatenya :)
    jangan lupa mampir balik ya mbak :)

    salam http://nandarious.blogspot.com/

    ReplyDelete
  67. Mesti banyak konsumsi buah markisa neh...biar makin sehat... :)
    Oiya,, blognya sukses follow diurutan #74
    Jika berkenan saya sangat menantikan FolLow Back nya dari mbak Maya...
    terima kasih... :)

    ReplyDelete
  68. Hahahah.. makanya sy heran, artikel yg isinya hanya gambar itu sudah kemana perginya, merantaukah,,,, btw utk tampilan, yg sekarang ini sudah bagus, sudah Responsive, mungkin yang mengganjal dihatimu adalah warnanya, coba ganti pake warna kesukaanmu.. atau warna2 yg disukai cewek2...

    ReplyDelete
  69. Buah markisa paling banyak di Sulawesi Selatan, di Malino

    ReplyDelete
  70. info yang sangat bagus nih dari buah markisanya banyak sekali manfaatnya gan. termakasih atas infonya, selamat malam

    ReplyDelete
  71. ternayata markisa banyak banget manfaatnya

    ReplyDelete
  72. markisa enak banget di makan siang2 gini

    ReplyDelete
  73. di tempat saya banyak sejenis itu ,serupa tapi beda kulitnya kuning kalau matang sama ga khasiatnya ya

    ReplyDelete
  74. ternyata markisa banyak banget khasiatnya yah..... x-)

    ReplyDelete
  75. saya mau beli buah nya yang asam segar itu, tolong kalo tau bisa beli dimana di daerah jakarta terutama atau dimana aja yang bisa kirim, tolong di email ke pilarmas_ekasejati@yahoo.com ok trims.

    ReplyDelete

 
Toggle Footer