Breaking News
Loading...
Wednesday, September 4, 2013

Stinky Tofu "Chou Tofu"

1:07 AM
Pada kesempatan kali ini saya akan mengajak sobat Dunia Maya untuk mengenal salah satu makanan khas negara Taiwan.
Kalau di Indonesia terkenal dengan Tahu Sumedang, Tahu Isi, Tahu genjrot, Tahu Campur dan berbagai macam jenis masakan tahu lainnya, nah di Taiwan tahu yang paling terkenal dan disukai oleh banyak orang adalah Stinky Tofu "Chou Tofu" atau istilah dalam bahasa indonesianya adalah Tahu busuk, tahu bau.
Apa yang telah sobat bayangkan setelah mendengar namanya? karena frementasi atau proses pembuatan, peragian tahu yang lama sehingga menimbulkan bau, walau mempunyai nama tahu busuk, soal rasa, lidah memang tak pernah bohong, maknyuss dech pokoknya hehehehehehe, rasa dan bentuknya sama seperti tahu goreng biasa pada umumnya, hanya saja aroma menyengat yang tercium menusuk hidung walaupun dari kejahuan. Pada awalnya bau dari chou tofu ini sangat asing bagi saya pribadi, setelah proses indera penciuman beradaptasi lidah dan perut pun tidak menolak untuk melahapnya. Tahu di goreng agak garing, disajikan dengan campuran kubis, wortel, acar mentimun, cuka, sambal, saos ataupun kimchi, bervariasi tentang penyajian dan masakan chou tofu ini, di goreng, dikukus, dimasak pedas dan masih banyak lagi, yang saya herannkan saat tahu belum di masak baunya sangat menyengat tapi setelah matang dan mendarat di lidah, yuummmmyyy nikmat, tahunya terasa lembut, bau nya pun tidak terasa.
Jika sobat menemui jajanan chou tofu ini, apa salahnya mencoba.

14 komentar:

  1. wah kalau soal rasa...bau pun kalah ya Mbak Maya...selain stinky tofu, ada makanan serupa dari keju, stinky cheese...mirip-mirip namanya...

    ReplyDelete
  2. Di sini gak ada yg jual, May...

    Kl gado2 atau tahu tek mah banyak....

    ReplyDelete
  3. bau sekali ga ?
    ga bisa makan kalau bau sekali
    salah satu makanan terbau kan di dunia ? CMIIW

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang udah g bau banget,,,,
      karena ada undang" batas "bau",,,,
      masalahnya dulu pernah banyak yg protes trus d denda

      Delete
  4. tahu busuk, kegemarannya ibu ncip itu
    yang repot aku. udah ga doyan masih kudu ketambahan bengong kalo ibue dah ngoceh pake basa cwang cwing cwong hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas rawins suka makan juga? hehehe

      Delete
    2. engga suka tahu, hehe...
      ibue ncip doang yang doyan. apalagi kalo ke pasar malam disebrang 101, tahu mulu dia mah...
      payah...

      Delete
  5. wahh, nikmat sekali kelihatanya,,,,

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. ntar nyoba mas,,, buat menu buka puasa :-)

      Delete

 
Toggle Footer