Breaking News
Loading...
Monday, October 21, 2013

Si GENIT yang Menyehatkan

11:44 PM

Genit? apa sih arti dari kata genit itu sendiri? siapakah yang pantas menyandang genit? cowok atau cewek? Apakah diantara sobat Dunia Maya ada yang genit? Hayyo ngaku,,,,,!! siapa diantara sobat yang genit? genit ini mempunyai arti yang berbeda menurut pandangan masing-masing individu, namun yang saya maksudkan disini bukanlah sifat genit seseorang.

Nah,,, tahukah sobat Dunia Maya ternyata dalam Dunia Buah pun ada yang mendapat julukan genit, buah apakah itu? karena permukaan yang dilapisi serbuk putih seperti bedak, maka buah ini sering disebut dengan "buah genit" yaitu buah kesemek, persimmon dan dalam bahasa mandarin disebut dengan 柿子 SHi zi (baca: Sece). Nama ilmiah dari buah kesemek Dyospyros, buahnya berwarna hijau dan oren ketika sudah matang, rasanya manis, berkulit tipis sehingga cukup dengan dicuci bersih bisa lansung dimakan, paling banyak kita temui saat musim gugur sekitar bulan oktober-november (untuk negara yang memiliki empat musim).

Berikut beberapa manfaat yang terkandung dalam buah kesemek:

- Menjaga Kesehatan Jantung
Mengkonsumsi buah kesemek dapat membantu mencegah pengerasan pembuluh darah, terpeliharanya kelenturan pembuluh darah dan stabilnya tekanan darah merupakan kunci kesehatan jantung.

- Mencegah Kanker
Buah kesemek mengandung zat anti kanker yang dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan radikal bebas.

- Menjaga Kesehatan Mata
Buah kesemek mengandung banyak nutrisi seperti antioksidan, Vitamin A, Vitamin C, Vitamin K, dan Phytonutrisi Zeaxanthin. Nutrisi ini berfungsi untuk kesehatan mata.

- Memperbaiki Sistem Pencernaan
Buah kesemek mempunyai serat yang tinggi. Serat sangat penting selama proses pencernaan dan juga bisa mencegah sembelit.

- Membantu Progam Diet
Buah kesemek memiliki khasiat yang sama seperti buah apel, Pakar kesehatan sering menganjurkan untuk mengkonsumsi buah apel bagi orang-orang yang sedang melakukan diet. Buah kesemek dianggap bisa menjadi pilihan makanan sehat saat menjalankan diet.

- Menurunkan Kadar Kolesterol
Buah kesemek mengandung polifenol yang dapat berfungsi menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

- Mengatasi Hipertensi
Caranya: buah kesemek dibuat jus dengan menambahkan air hangat, minum sehari 1x.

- Mengobati Asma dan Batuk Berdahak
Bahan:
2 potong buah kesemek kering
madu dan air secukupnya

Cara membuat:
tambahkan sedikit air pada buah kesemek kering kemudian kukus lalu haluskan dan tambahkan 1 atau 2 sendok madu.

- Sakit Perut
Makan buah kesemek segar diyakini bisa meredakan nyeri perut atau rasa panas di perut, tidak perlu diolah macam-macam.

- Mengatasi Diare dan Disentri
Caranya: siapkan beberapa potong buah kesemek yang telah dikeringkan, rebus hingga menjadi bubur dengan campuran beras ketan dan sedikit irisan jeruk, setelah matang, angkat dan siap untuk dikonsumsi oleh penderita 2-3x sehari.

Dari sedikit uraian di atas, sekarang sudah tahu kan manfaat dari buah kesemek? walaupun sebagian buah kesemek berpenampilan luar serbuk putih seperti bedak, namun khasiatnya sangat baik untuk kesehatan kita.

41 komentar:

  1. Replies
    1. yah,,,,kang ucup ni,,,,,,
      hehehehe

      Delete
    2. maaf mbak, saya khilaf...:D
      tadi cuma baca judulnya saja, ternyata memang buah kesemek :D
      jadi malu nih :hehe

      Delete
    3. yaaaaaaah kang ucup sih....habis kena diare ya, kasih kesemek aja, biar tambah genit, eh.....

      Delete
    4. kebanyakan makan buah kesemek juga bisa diare mas :-D

      Delete
    5. masa sih...?
      perasaan itu kesemek deh...

      Delete
    6. sepertinya memang beneran kesemek ya :-)

      Delete
  2. hehehe ada ada aja ya mbak.. mbak maya suka pake bedak nggak nih.. hayo awas di julukin genit ntr.. ckckckckck.

    wah ternyata banyak juga manfaatnya ya mbak.. jujur saja sampai sekarang saya itu belum ngeh dengan yang namanya buah kesemek.. seperti apa sih teksturnya.. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas nadi genit ah..tak cubit lho

      Delete
    2. genitnya cowok suka menggoda ya? hahaha

      Delete
  3. (〃ω〃) saya belum pernah makan buah yang satu ini
    tokorode, hanji buah kesemek sama aja kaya dalam bahasa jepang yaitu 柿 atau 柿の木 hihihi malah out of topic (/ω\*)

    ReplyDelete
  4. buah yang sukanya wedakan dibersihkan malah seperti tomat, aneh ya mbak.
    kesemek sama kawis itu beda ya mbak ? hehehe
    kadang saya lupa membedakannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya malah tidak kenal kawis mas,,,,, :-D

      Delete
    2. kalo buah rawins kenal gak..?

      Delete
    3. buah rawin itu buah yang ada brengosnya

      Delete
  5. saya baru liat ada kesemek merah, biasanya hijau tua..manis yah rasanya..pengiin

    ReplyDelete
  6. Warnanya cerah abis, pantes untk kesehatan mata.

    ReplyDelete
  7. maaf mbak komentarnya OOT saya mau menjawab pertanyaan mbak maya tadi...

    maksudnya nggak bisa login gimana ya mbak.. saya login pake akun google plus saya langsung bisa tuh mbah.... ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kok bisa ya mas?
      ikut petunjuk mas nady pke blogroid g bsa login pke akun ini,,,,
      jadinya nyerah,,,n pke aplikasi blogger aja,,,, warna oren itu,,,,

      Delete
  8. saya pernah makan buah yang genit ini...kalau tidak salah rasanya seperti pepaya ya ?? *lupa2 ingat

    ReplyDelete
  9. buah kesemek, saya sudah lama tidak memakannya. ternyata bisa mengatasi hipertensi.

    ReplyDelete
  10. sangat bermanfaat sekali ya si genit ini...
    hahaha :D

    ReplyDelete
  11. Kesemek China kaya tomat ya..?
    Harusnya difoto dari berbagai penjuru tuh biar gambarannya jelas..

    ReplyDelete
  12. Belum pernah liah tu..tapi kayak tomat..

    ReplyDelete
  13. kalau lihat penampakannya seperti buah tomat yah mb', tapi tak tahu juga sih, karena cuma atasnya saja yang kelihatan, tapi saya baru tahu juga buah genit, unik

    ReplyDelete
  14. sepertinya buah ini sudah jarang saya temukan, padahal manfaatnya sangat banyak sekali buat kesehatan ...salam :-)

    ReplyDelete
  15. kesemek, saya suka banget tuh, tapi di sini adanya kesemek karo...si ayah malah makan kesemek pertama kali waktu berada di Sumatra, padahal di jawa banyak...enak, manis...kata ayah, kaya makan ubi jalar mentah...

    ReplyDelete
  16. Wah, ternyata banyak juga ya manfaat dari buah kasemek :D
    Baru tau lagi buahnya kaya gitu kaya tomat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku udah follow blognya. Follow balik ya :)

      http://firman-ardy.blogspot.com

      Maaf nyimpan link..

      Delete
  17. Di kampung saya buah kesemek kayanya dah punah.

    ReplyDelete
  18. Ternyata di balik wujunya yg mungil ini banyak juga ya manfaatnya :)

    ReplyDelete
  19. ternyata sigenit yang suka bersolek dan pakai bedak banyak manfaatnya juga ya....

    ReplyDelete
  20. dah semakin jarang pohonnya,perlu di biakkan kembali

    ReplyDelete

 
Toggle Footer