Breaking News
Loading...
Tuesday, November 26, 2013

10 KEBIASAAN TIDAK SEHAT

5:46 AM
dunia maya - Tahukah sobat? baik kita sadari maupun tidak kita sadari ada banyak KEBIASAAN TIDAK SEHAT yang sering kita lakukan, kebiasaan yang sulit untuk ditinggalkan, tapi kita harus mengubahnya! Kebiasaan ini, meskipun mungkin tampak tidak berbahaya bagi kita, sebenarnya bisa berdampak lebih berbahaya bagi kesehatan kita dalam jangka panjang. Berikut diantaranya 10 KEBIASAAN TIDAK SEHAT:
1. SPONS DAPUR
Berapa lama sobat menggunakan atau berapa hari sekali mengganti spons untuk mencuci piring dan peralatan masak di dapur? 1 minggu? 2 minggu? atau bahkan sampai spons kelihatan rusak Spons yang terlalu lama kita gunakan bisa berbahaya untuk kita dalam arti spons akan menjadi sumber banyak bakteri karena spons sering basah atau lembab dan spons adalah barang kontak pertama dengan semua yang menyentuh dengan peralatan makan. Ubahlah kebiasaan buruk ini dengan cara mengeringkan atau meletakkan spons pada tempat terpisah dari area basah, akan lebih baik lagi jika kita menggantinya sekitar 2 minggu sekali.
2. MENGGUNAKAN HEADPHONE
Sudah tidak dapat terelakkan untuk menggunakan headphone sehari-hari dan bahkan selalunya diantara kita menggunakannya setiap hari, untuk ngobrol dalam telepon ataupun  mendengarkan musik. Tapi tahukah sobat bahwa memakai headphone terlalu lama dapat menyebabkan gangguan pendengaran? Konsekuensinya mungkin tidak segera, tapi pasti dapat mempengaruhi pendengaran kita dalam jangka panjang. Hal ini  berlaku terutama bila kita menggunakannya selama berjam-jam.
3. MERETAKKAN SENDI TULANG
Setelah seharian bekerja terasa capek, hal yang sering kita lakukan adalah meretakkan sendi tulang antaranya pada jari-jari tangan dan leher. Sebenarnya merupakan kebiasaan yang tidak sehat, meskipun mungkin kadang-kadang merasa baik  karena udara kecil gelembung di antara sendi kita, meretakan sendi tulang dapat melukai sendi atau merobek ligamen di antara jari-jari kita. Ubahlah dengan cara memijat sendi pada jari-jari kita untuk menghilangkan stres dan kelelahan.
4. MENGGIGIT KUKU
Selain fakta bahwa menggigit kuku menunjukkan gejala gangguan kecemasan, menggigit kuku juga merupakan salah satu kebiasaan tidak sehat yang harus dihentikan. Karena ada jutaan bakteri yang dapat menyelinap di bawah kuku kita, menggigit kuku konstan dapat mentransfer bakteri ini ke mulut kita. Bisa juga kulit di sekitar kutikula kita dapat menyebabkan infeksi kuku dan luka terbuka. Jika sobat mempunyai kebiasaan menggigit kuku, sobat bisa menghentikannya dengan selalu perawatan kuku dan mencoba cat kuku untuk mencegah menggerogoti kuku. Atau sobat juga bisa mengunyah permen karet untuk menjaga mulut sibuk ketika bosan atau stres.
5. MEMBUNGKUK
Membungkuk adalah salah satu kebiasaan tidak sehat yang paling umum yang sangat sulit untuk ditinggalkan. Membungkuk tidak baik untuk postur tubuh kita, walau terkadang membungkuk nyaman, setiap kali kita membungkuk kembali, otot-otot di bawah dan atas punggung kita tegang begitu banyak sehingga akan menyebabkan kita sakit punggung, kelelahan, dan sakit kepala dalam jangka panjang. Meskipun sangat sulit untuk segera memperbaiki postur tubuh ini, bukan tidak mungkin. Posisi tubuh yang baik berarti bahwa bahu kita rileks.
6. BEGADANG
Banyak dari kita sering bergadang tanpa tujuan tertentu, maksudnya bergadang untuk onlen, menonton tv, dan sejenisnya, namun sudah kita ketahui bahwa perlu untuk tidur minimal 8 jam sehari untuk menjaga kesehatan fisik, mental, dan bahkan emosi kita pada tingkat yang optimal. Jika kita kurang tidur, sistem kekebalan tubuh kita akan menjadi lemah dan kita mungkin rentan terhadap berbagai penyakit seperti flu, masuk angin dan demam. Meskipun tidak mungkin untuk mendapatkan 8 jam sehari, setidaknya pastikan untuk tidur yang cukup.
7. MELEWATKAN SARAPAN
Sejak kita masih kecil, ibu kita selalu memberitahu kita untuk tidak pernah melewatkan sarapan yang tetap aturan berharga untuk hidup sehat. Meskipun kita selalu terburu-buru setiap pagi, sarapan sangat penting untuk kita sebelum hari memulai aktifitas. Studi menunjukkan bahwa sarapan pagi meningkatkan fokus seseorang dan kinerja sepanjang hari. Memungkinkan metabolisme kita untuk membakar lebih banyak kalori sehari-hari sekaligus menjaga cadangan energi kita.
8. NGEMIL TENGAH MALAM
Meskipun pada awalnya kelihatan terpenuhi, melahap camilan larut malam dapat lebih berbahaya untuk tubuh kita. Memilih ngemil makanan ringan larut malam dapat memiliki efek negatif pada metabolisme seperti gangguan pencernaan, yang dapat mengganggu tidur kita dan bahkan menyebabkan kita mulas. Selanjutnya, studi menunjukkan bahwa ngemil larut malam dapat menyebabkan obesitas dan berat badan dibandingkan dengan makan di waktu awal pada malam hari. Semakin awal kita makan, semakin lama waktu tubuh kita dapat memiliki dalam mencerna makanan dan memprosesnya.
9. TIDAK CUKUP AIR
Tubuh kita adalah air 75 persen, sehingga tidak mengherankan bahwa minum air tidak cukup di siang hari dapat menyebabkan kerusakan serius pada sistem tubuh kita. Dokter menyarankan bahwa untuk menjaga tubuh kita terhidrasi, kita harus minum setidaknya 8-9 gelas air untuk wanita dewasa dan setidaknya 13 gelas untuk pria dewasa. Meskipun, angka-angka ini dapat bervariasi tergantung pada ukuran seseorang dan berat badan. Dengan tetap dehidrasi, kita akan dapat menjaga suasana hati stabil dan memori kita tajam. Ini juga akan memungkinkan kita untuk memiliki kulit yang cerah dan bersinar dan menyiram racun dari tubuh kita.
10. MAKAN DAN MINUM BERDIRI
Bila kita makan sambil berdiri,  bisa terjadi reflux asam lambung, asam lambung akan naik ke esofagus dan membuat sel-sel kerongkongan teriritasi. Hal ini ditandai dengan gejala panas terbakar yang menyesak di dada. Bila kita tetap bandel membiasakan makan minum sambil berdiri dalam jangka waktu panjang, iritasi sel-sel kerongkongan ini akan berakumulasi menyebabkan kanker saluran esofagus.

61 komentar:

  1. wah nomor 3 biasanya saya lakukan tuh mbak, kalau udah keluar suara bunyi rasanya mak plong hehehe, ternyata berbahaya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang mas,,, sudah terbiasa juga :)
      klo g dilakukan jadi ngerasa ada yang kurang

      Delete
    2. tapi gak sampai patah kan mas :d

      Delete
  2. Waduh hampir semua kebiasaan saya itu mbk.terimakasih sudah berbagi jadi tau kalau berbahaya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mas,,,,
      tidak berbahaya sih,,,,
      mungkin jangka pnjang akan terasa

      Delete
  3. weleh...hampir semua kebiasaan tidak sehat ini sering saya lakukan hehhe, harus cepat2 berubah ni

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas,,,,,
      sudah terbiasa jadi susah ya

      Delete
    2. berubah jadi satri baja hitam kang :d

      Delete
  4. kebiasaan saya tuh hampir semua.. kecuali nomor satu kan bukan urusan saya tuh heheeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nanti kalau ikut - ikutan malah pada pecah piringnya :d

      Delete
  5. Yang no 1 kadang kalsu belum hancur belum di ganti terus pakai headset telepon radio semua pakai dampaknya memang buruk ya mbak
    begdang kadang kalau imsonia karena ngeblog fb g+ twitter...banyak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya jenk,,,,, kayaknya masih eman2 alias sayang ya :))

      Delete
    2. wah sama dong mbak kasus yang saya alami..
      thx atas artikelnya mbak..

      Delete
  6. kurang yg poin 1 dan 4, maka sukseslah saya menjadi org yg tdk sehat :-d

    ReplyDelete
  7. Saya sering ngelakuin yang nomor 6,wah ternyata kebiasaan begadang,kurang baik ya,, :-?

    ReplyDelete
  8. Haduh, yang sering saya lakukan tuh begadang ... :o ternyata bahaya yah ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngapain maz nazar?
      kata bang haji g bleh bgadang lo,,,,, :))

      Delete
  9. wah saya banyak melalkukan semua di atas :(

    ReplyDelete
  10. wah artikel yang bermanfaat sekali mbak Maya, supaya kita selalu hidup sehat dan menghindari hal-hal seperti yang dijelaskan di atas, makasih mbak :)

    ReplyDelete
  11. Harus ngurangin nngemil malam nih..biar ikut pola hidup sehat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ngemil malam itu susah banget di hilangkan , habinya ngemil sambil ol sedapppp

      Delete
  12. Yang sering saya lakukan adalah begadang.harus di kurangin nh!trimakasih telah mengingatkan!

    ReplyDelete
  13. sudah di sunahkan oleh rosul kebiasaan makan dan minum harus duduk,berarti itu cara yang sehat

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar gan,,,,
      bahkan diriwayatkan dalam salah satu hadist bahwasanya apabila makan/minum berdiri maka muntahkan lah,,,,,

      Delete
  14. Waduh, May... bener semua itu... sudah saatnya kita merubah kebiasaan2 yg tdk benar tsb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mari di mari mas pri,,,,
      merubah untuk hidup sehat :))

      Delete
  15. hampir semua pernah sy lakukan.., malah sdh jd kebiasaan.., makasih mbk Maya sdh mengingatkan!, nice inpo ;((

    ReplyDelete
  16. poin 2 "Menggunakan headphone" saya setiap mau tiduk menggunakan headphone sampai saya terlelap dan bangun lagi mbak maya.. duh.. salah donk kebiasaan saya hehehehe

    poin 6 "Begadang" lha ini rutinitas saya mbak.. baru bisa main pada saat di malah hari berkumpul sama temen2, pulang main ngeblog sampai larut malam... hehehe

    poin 7 "Melewatkan sarapan" apalagi ini, hampir setiap hari saya tidak pernah yang namanya sarapan mbak.. saya setiap pagi cm minum kopi saja..

    waduh ternyata semuanya salah kaparah hehehe.. harus di perbaikin nih kebiasaan buruknya... terimakasih info nya mbak maya...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh juga mas,,,,,,, kan udah terisi, dan di ganti dengan segelas kopi hangat (c)

      Delete
  17. poin 2 "Menggunakan headphone" saya setiap mau tiduk menggunakan headphone sampai saya terlelap dan bangun lagi mbak maya.. duh.. salah donk kebiasaan saya hehehehe

    poin 6 "Begadang" lha ini rutinitas saya mbak.. baru bisa main pada saat di malah hari berkumpul sama temen2, pulang main ngeblog sampai larut malam... hehehe

    poin 7 "Melewatkan sarapan" apalagi ini, hampir setiap hari saya tidak pernah yang namanya sarapan mbak.. saya setiap pagi cm minum kopi saja..

    waduh ternyata semuanya salah kaparah hehehe.. harus di perbaikin nih kebiasaan buruknya... terimakasih info nya mbak maya...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama" mas nady,,,,,
      lebih baik pakai radio aja mas,,,,, kan g pke earphone,,,, :))

      Delete
  18. wah, nomer 3 dan 6 mi yang biasa saya lakukan :-? , mudah mudahan saya dapat merubah kebiasaan buruk tersebut ya mbak

    ReplyDelete
  19. yg poin 3, 5, 6, 8, dan 9 sering aku lakukan May, ya ampuuun, itu tdk sehat ya...
    gmn ya cara ngatasinnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah terbiasa,,, apabila tidak melakukannya jadi ada yg kurang,,,, susah juga,,,,,

      lho? tidak cukup minum air putih ya mas? wah,,, pastinya suka air berwarna ni

      Delete
  20. seperti nya saya masih ngerjain 7,8 dan 9 mbak waduh susahnya minta ampyun apalagi begadang pasti ditambah asap CO2 hehehehe

    ReplyDelete
  21. Begadang jangan begadang, hasilnya tetep begadang.

    ReplyDelete
  22. Memang kadang tanpa sadar melakukan itu, eh ternyata berbahaya ya hehehe :)

    ReplyDelete
  23. hadeuh kenapa baru sekarang bilangnya, kalau meretakkan tulang itu kebiasaan yang ngga sehat, padahal ke enakan saya banget tuh....gimana dong

    ReplyDelete
  24. loh...komentar pajangku ko' ngga nongol ya....kenapa ya....bukan pengaruh kulit kan?

    ReplyDelete
  25. Kok serasa aku bget ya artikelnya,. .smoga bsia lebih baik kedepannya, .. ..

    sering pusing juga gara-gara begadang,..

    ReplyDelete
  26. nah lho...
    semua itu selalu aku lakuin hehe

    ReplyDelete
  27. beberapa kebiasaan yang sering saya lakukan dan sulit untuk dilepaskan , trims mba buat tipsnya , semoga saya bisa memperbaikinya dari hal yang terkecil

    ReplyDelete
  28. 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 memang semua di lakukan..
    Lanjutkan (c)
    nanti keliatan kalau malaikat maut lbih awal datang menjemput :-t

    ReplyDelete
  29. makan roti ya .. saya selalu makan roti buat sarapan tapi kalau sama susu itu sehat gak ya sist

    ReplyDelete
  30. itu semua sering saya lakukan, secara sadar atau tidak..hhh
    mesti dirubah kebiasan itu

    ReplyDelete
  31. Begadang itu yg paling sering, kebiasaan jelek memang ;-(

    ReplyDelete
  32. nambahin aja: menguap mulut terbuka lebar tidak ditutupi

    ReplyDelete

 
Toggle Footer