Breaking News
Loading...
Thursday, November 21, 2013

Bahaya Makan Pedas

3:00 PM

dunia maya- Ragam masakan Indonesia kaya akan rempah-rempah dan cenderung pedas. Bahkan, bagi kebanyakan dari kita tidak bisa makan kalau tidak menggunakan sambal. jika dikonsumsi secara kecil dan batas normal cabe bisa menjadi obat bagi kita dan jika secara berlebihan, wahh jangan ditanya lagi, yang pasti menyebabkan perut mulas, melilit, atau diare.

Terlalu banyak makan makanan pedas  bisa menyebabkan beberapa penyakit kronis seperti di bawah ini:

1. Gastritis (Maag)
Akut Gastritis disebabkan peradangan dari mukosa lambung, membran yang melapisi perut. Serangan ringan gastritis terkadang dirasakan sesekali. Namun kebanyakan orang berpikir itu hanyalah gangguan pencernaan sederhana. Gastritis akut biasanya ditandai dengan gejala seperti muntah, mual, demam, diare, serta sakit kepala.

2. Refluks Asam
Refluks asam adalah pengaliran kembali isi lambung ke dalam kerongkongan. Penyakit ini dapat menyebabkan nyeri, peradangan, serta kerusakan kerongkongan. Makanan pedas pada dasarnya merupakan kombinasi asam. Ketika terlalu banyak asam masuk kedalam perut, maka akan berpotensi merusak dinding lambung.

3. Ulkus Gaster (Tukak Lambung)
Makanan pedas dapat menyebabkan luka pada lapisan mukosa yang sensitif atau pada usus kecil, yang biasa disebut duodenum (ulkus duodenum), atau juga di esofagus (ulkus kerongkongan). Tukak lambung yang menyakitkan biasanya menyebabkan rasa terbakar di perut, mual, muntah, dan penurunan berat badan.

4. Insomnia
Konsumsi makanan pedas meningkatkan temperatur tubuh yang menyebabkan insomnia. Sebaiknya hindari memakan makanan pedas saat makan malam.

5. Kehilangan Nafsu Makan
Makanan pedas aman dikonsumsi jika masih dalam batas yang wajar. Tingkat selera pedas tiap orang pun berbeda.

Agar sobat tidak mengalami gangguan perut saat mengonsumsi makanan pedas, sebaiknya memperhatikan beberapa hal berikut:

- Makanan pedas hanya boleh dikonsumsi dalam makanan utama, bukan cemilan.

- Hindari mengkombinasikan gorengan berminyak dan makanan pedas yang dapat meningkatkan produksi asam lambung.

- Hindari memakan makanan pedas saat makan tengah malam.

- Minum susu dapat menetralkan produksi asam karena makanan pedas.

- Jika mengalami masalah pencernaan karena makanan pedas, minum obat antasida satu jam setelah makan dan sebelum tidur.

Setelah mengetahui sedikit ulasan di atas, semoga bisa menjaga kesehatan kita, mengonsumsi makanan pedas yang sewajarnya.

53 komentar:

  1. kalau yang berlebih semuanya juga pasti kemungkinan besar akan bahaya.... tapi kalau uang berlebih bahaya ndak ya :d

    ReplyDelete
  2. Wahhh Kebetulan nihh saya Suka Pedas Mbakk dan Setelah saya Baca Info ini saya Jadi Sedikit takut Makan Pedas nihh hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo memang suka pdas,,, rasa takutnya pasti hilang mas :)

      Delete
  3. Poin2 yg di bawah yg paling penting, namun kerap diabaikan oleh org2...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting ena ya mas,,,, jadi terabaikan resiko belakangnya

      Delete
  4. betul sekali mbak maya, efek yang paling kejam adalah, saat saya berangkat kerja dengan kereta, kebelet buang air besar sedangkan WC nya penuh di tempati orang duduk dan di buat tempat barang.
    keren kan ?

    ReplyDelete
  5. sudah terlanjur ada luka gara2 dulu kebanyakan makan pedas kalau belum telinga berdenging wah kurang mantap..tapi akibatnya sekarang asam lambung meninggi

    ReplyDelete
  6. Makan yang pedas2 hmm...menggugah selera.klo kebanyakan ternyata banyak efek nya.
    jadi takut

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau suka pedas , rasa takutnya pasti hilang :))

      Delete
  7. setiap makan saya selalu mencari yang pedas, tanpa pedas makan saya terasa hambar haha.. :D
    makasih buat peringatannya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang bener mas,,,, dah terbiasa mkan pedas ,

      Delete
  8. Saya udah kena tuh yang pertama ... makanya sekarang kalo makan gak berani makan yang pedes-pedes ... Denger kata-kata pedes mah sering ... :D

    ReplyDelete
  9. waduh ternyata ngeri juga ya akibat yang ditimbulkan, padahal saya kalau gak makan pedas terasa lemas mbak badannya, tapi ya gak begitu pedas sih

    ReplyDelete
  10. wah padahal saya suka makan yang pedes tuh, apalagi makan ga pake sambel, ga napsu kayanya :d

    ReplyDelete
  11. Org sumatera seperti saya biasanya suka bgt sama makanan yg pedas2.. Tapi alhamdulillah hingga skrng saya blm kena dari yg di sebutkan.. makasih telah sharingnya mbak.. jadi bsa waspada (p)

    ReplyDelete
  12. jujur sob, aku paling gak doyan ama yg namanya pedas...

    ReplyDelete
  13. Padahal saya sangat menyukai makanan pedas ini, yang paling sering ya susah tidur.

    ReplyDelete
  14. wah untung saya tidak suka pedas mbak.. sebenrnya sih buka tidak suka, sebenernya pengen banget makan pedas. tapi saya tidak bisa mbak. soalnya kalau saya makan pedas, nggak pake lama langsung jegu'en, cekikan, apa ya bahasa indonesianya hehehehe

    ReplyDelete
  15. wah untung saya tidak suka pedas mbak.. sebenrnya sih buka tidak suka, sebenernya pengen banget makan pedas. tapi saya tidak bisa mbak. soalnya kalau saya makan pedas, nggak pake lama langsung jegu'en, cekikan, apa ya bahasa indonesianya hehehehe

    ReplyDelete
  16. wah bnyk sekali yah gejalanya jd serem...
    ku cm tau nya yg masa pertumbuhan jgn terlalu bnyk makan atau hormon yg ada di jakun akan menurun n menghambat pertumbuhan alias cebol

    ReplyDelete
  17. wah bagus ini posting nya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sangat bermanfaat, supaya kita lebih berhati-hati dengan makanan yang pedas :)

      Delete
  18. Wah padahal cik awi suka makanan yang pedas nih.. Ngomong-ngomong sudah di teliti di IPB sama ITB belum nih sob..?

    ReplyDelete
  19. rasaa pedan itu sdh indonesia bangetttz!, ibarat garam dah, tp itu td.. klo berlebihan pasti gk baik.., thx ya...! *smile

    ReplyDelete
  20. yapp. saya pernah tuh "Refluks Asam " keluar kembali.. apalagi habis keknyangna dan makannya pedas pula.. kasian badan ane ;-(

    ReplyDelete
  21. makan pedas tentunya bikin nafsu makan bertambah yah mbak, tapi kalau kebanyakan bisa bikin sakit seperti yang disebutkan di atas, makasih infonya mbak :)

    ReplyDelete
  22. Tapi makanan yang pedas tu nikmat mbk

    ReplyDelete
  23. apalagi siang gini mbak makan rujak yang puedees kayak mantap...:D

    ReplyDelete
  24. selain jangan berlebihan,juga makanan pedas di sajikan sbg lauk aja,betul info itu

    ReplyDelete
  25. teratur itulah utamanya and jangan berlebihan

    ReplyDelete
  26. saya sendiri emang udah dilarang buat makan pedes hehe
    bener tuh post diatas, kalau makan pedes maag saya langsung kambuh :'D

    ReplyDelete
  27. saya ini termasuk orang yang anti pede lho mbak..hueehehe

    ReplyDelete
  28. Wah... ternyata bahayanya buanyak sekali.. tapi mau bagaimana... makan kalo tanpa aktifitas monyongin bibir karena pedas ga nikmat, wkwkwk

    ReplyDelete
  29. kalau berlebihan biasanya sech bkin diare tow sakit perut..
    heheheh...

    ReplyDelete
  30. Dari 5 point itu saya setuju yg nomer 1-4.. tp khusus no.5 saya sangat tidak setuju... Sebab saya kl makan pedas, bawaannya ga bisa di rem...Makan trs.. :>)

    ReplyDelete
  31. untung saya gak terlalu suka makanan yg pedas,

    ReplyDelete

 
Toggle Footer