Breaking News
Loading...
Sunday, November 3, 2013

Telur Pitan

9:08 PM

Telur Pitan dikenal juga sebagai century egg atau thousand egg adalah salah satu jenis makanan tradisional China. Biasanya disajikan dengan berbagai macam masakan lainnya seperti tahu dan bubur hangat.

Telur Pitan terbuat dari telur bebek, dengan proses pengawetan berbagai macam rempah sekitar kurang lebih 100 hari. Proses pengawetan yang lama membuat telur matang secara alami dan dapat langsung dikonsumsi. Putih telur berubah warna menjadi cokelat gelap jernih, rasanya kenyal seperti jelly, sedangkan kuning telur berwarna hijau gelap hingga abu-abu, lunak dan sedikit berbau belerang dan amonia, yang paling unik dari Telur Pitan ini adalah setiap permukaan telur tergambar seperti pinus.

54 komentar:

  1. Asslm mlkm slmt siiank maya lama rasanya tdak brkunjung di blog maya ternyata banyak skali perkembanganya ok sip deh artikelnya dan infonya yang sgt bagus thanks,

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikumsalam,,,, siang jga dyan
      apa kbar? hehehe,,,, lama tidak bertemu ni,,,,,,

      Delete
    2. dari auranya, kayaknya beliau ini teman Mbak Maya di Taiwan ya?

      Delete
    3. mb khusna ni pintar liat aura ya,,,,,,

      dyan di kuala lumpur Mlaysia mb

      Delete
    4. saya baru dengar ternyata ada nama telur, yaitu telur pitan, saya tahunya ya telur bebek dan kawan-kawan. :)

      Delete
    5. ni jga terbuat dari telur bebek kok mas

      Delete
    6. telur bebek enak diasinkan aja mbak, biar masir

      Delete
  2. kalo dari gambarnya lihat kuning telurnya terasa mual banget [-(

    ReplyDelete
  3. jujur saya baru liat penampakan telur pitan sperti itu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas @intan,,,,, ternyata tidak hantu aja yg nampak ya,,,,,


      mb khus,,,, petan kaleee,,,, :-)

      Delete
    2. Ha ha ha....aku kira Pitan itu petan, nyari kutu, ternyata bukan, wkkkkk...

      Delete
  4. lha saya pernah nonton di National Geographic Channel kalau ndak salah, katanya jaman dulu ada telur yang diolah pakai air seni anak laki-laki, yang biasanya dikumpulkan di sekolah-sekolah, apa bener itu mBak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau zaman dulu saya tidak tahu mb,,,,,

      cuma dikarenakan bau dari telur bitan ini kadang d sebut kencing kuda

      Delete
    2. Saya muntah habis makan telor ini amis banget ...

      Delete
  5. hampir mirip kaya telor asin yah proses pembuatannya....gimana rasanya yah

    ReplyDelete
  6. Bukan telor asin itu ya.. Mirip telur disemur ya..

    ReplyDelete
  7. Dari penampilannya seperti telur basi ya. apa baik untuk dikonsumsi telurnya

    ReplyDelete
  8. walah saya malah baru tau dan dengar ini mbak yang namanya Telur Pitan :-?

    ReplyDelete
  9. Warnanya kok nggak kayak menu masakan ya, Mbak, justru cenderung mirip makanan?....Hemmm, gimana tuh rasanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. telur bebek kang,,,,,
      rasanya enak,,,, hehehe

      Delete
  10. geli akhh liatx.., mending makan yg baru aja :)

    ReplyDelete
  11. telur pitan banyak gterdapat di masakkan cina.
    tiap kali ke restoran cina selalu ada telur pitan, tp sayang ga pernah makan :P
    soalnya selalu habis sih hahhhaahah
    btw tampilannya, entah kenapa 'illfil' T^T

    ReplyDelete
  12. unik mb' telurnya, berbeda dengan telur2 kebanyakan, tambah unik lagi kok matengnya di awetkan, kayak buah saja, pisang sama pelem, yang matengnya juga di awetkan di etrel jawanya, gak di biarkan matang di pohon, kalau telurkan biasanya di dang / d godog

    ReplyDelete
  13. telur pitan, telur rasa belerang dan amoniak...cocok untuk membangunkan orang pingsan nih :-d

    ReplyDelete
  14. baru tau saya ada telur gitu, rasanya kaya gimana sih, dari tampilannya aneh banget kelihatannya..

    ReplyDelete
  15. wah unik sekali sepertinya makanan ini...tapi kalau berbau belerang kira2 gimana ya rasanya @-)

    ReplyDelete
  16. Baru tau jenis telur nih mbak May :)

    ReplyDelete
  17. pengen banget ngerasain telur pitan,ada ga di indo jualannya

    ReplyDelete
  18. saya kok malah gilo tho mbak melihatnya, hiiii

    ReplyDelete
  19. itu telur apa jamur... :berbusa: ngliat nya www.nagichat.com

    ReplyDelete
  20. Proses pengawetan nya lama bgt sob...Jadi pengen coba nyicipin!

    ReplyDelete
  21. Hwaduuuhh., Unik telurnya mba MaYa., :d
    kunjungan lagi nehh.,

    ReplyDelete
  22. jalan2 malam hari, datang tdk diundang, pulang minta diantar @-)

    ReplyDelete
  23. prosesnya 100 hari lama benar. rasanya gimana ya ? kok jadi penasaran.

    ReplyDelete
  24. wah 100 hari masa pengawetannya.. hmm apa nggak busuk ya mbak telurnya.. saya kok jadi nggak tega ya ngebayangin rasa dan warna dari telur tersebut... hehehehe

    ReplyDelete
  25. wah saya malah baru dengar mbak ada telur pitant, pasti rasanya sedap tuh ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba aja makan pasti kamu muntah hahaa..amis banget tau

      Delete
  26. Terimakasih atas infonya mbaa, tapi itu ada di indonesia tidak?

    ReplyDelete
  27. :-s tampilannya ....
    kira kira rasanya seperti apa ya? @-)
    boleh dong dikirimin via JNE :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini aku habis muntah makan telor pitan jelek amis dan mahal

      Delete
  28. wah pastinya enak banget telur pitan ini .... ingin merasakan telur pitan ...

    ReplyDelete
  29. Habis makan telur pitan saya muntah amis banget mau mati rasanya...jelek banget dan 4 telor hrgnya 32.000 ..bila ingat mau muntah terus.

    ReplyDelete
  30. saya beli telur pitan ga langsung dimakan, digodok sebentar, enak juga

    ReplyDelete

 
Toggle Footer