Breaking News
Loading...
Wednesday, December 25, 2013

JUJUBE

5:07 AM
Fruit-Jujube yang memiliki nama ilmiah Ziziphus Mauritiana dan dikenal dengan sebutan 枣子 (Zao zi-baca:cao ce). Dilihat sekilas, bentuknya menyerupai buah apel hijau. Warnanya kehijauan, dengan tekstur yang halus. Baru ketahuan kalau masih satu jenis dengan apel, ketika sudah di kupas. Sebenarnya, buah ini sama dengan apel kebanyakan. Hanya perbedaan ini ada pada bentuknya yang relatif kecil.Besar maksimalnya hanya segenggam tangan. Tak ada lekukan di bagian pangkal tangkai buah, membuatnya berbeda dari apel kebanyakan.
 
Jujube
Untuk urusan rasa, jujube cenderung didominasi rasa manis dan daging buahnya berwarna putih dan terasa renyah. Buah ini tergolong buah sepanjang masa, artinya tidak mengenal musim untuk berbuah dan berbeda dengan buah-buah lainnya yang harus menunggu musim. Jujube bisa dikonsumsi segar, dimasak (campuran masakan) kering, atau bahkan dibuat manisan.

54 komentar:

  1. buah ini ada di indonesia gak kak maya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kagak tahu kak dwi ,,, di indo ada g ya?
      saya sendiri g pernah nemuin daerah saya :))

      Delete
    2. kalau belum ada berarti mbak Maya harus jadi pengimpor

      Delete
    3. Saya kira ini Buah Apel Mbak May. setelah saya baca artikelnya
      Ternyata bukan ini Buah Jujube istilah lain apa nama buah ini Mbak? :-?

      Delete
    4. sekilas nampak seperti buah kesemek yah ,,,

      Delete
    5. Mirip apel juga tpi bijinya ini lebih besar, kayaknya segar tuh :D

      Delete
    6. yang di lihat jangan bijinnya mas Yobert :d

      Delete
    7. Wah wah iya ya Sekilas Mirip APEL ya
      Hmmm kayaknya di Pontianak belum masuk deh

      Delete
    8. di pontianak memang belum masuk kang Asep.. :)

      Delete
    9. enak tuh kayaknya jadi kepengen nih .. :D

      Delete
  2. wah saya belum pernah nich makan buah jujube. Boleh dunk mbak dikirim ke tempat saya hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh mb,,,,,
      mw berapa ni! hehehehe

      Delete
    2. belum juga pernah makan buah ini, kayaknya niat ngirim ya, kirim ke saya juga dong

      Delete
    3. saya malahan baru lihat dari photo di atas :)

      Delete
  3. wah kalau di dominasi rasa manis saya suka mbak.. pasti enak banget tuh buah ya mbak.. apel saja yang tidak terlalu manis sudah enak. apalagi jujube ini.. namanya lucu masih asing di telingan saya mbak... hehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. jujube nama inggrisnya mas,,,, nama indonesiany apa ya? :))

      Delete
  4. Baru lihat buah ini kayaknya, he he....thanks infonya, Mbak May!

    ReplyDelete
  5. Jujube bukannya Jumblu jumblu bahagia yah mbak Maya? hehehehe :)

    ReplyDelete
  6. Ada nama lainnya lagi nggak mbak....saya mau coba cari ah

    ReplyDelete
  7. ya mbak kalau di indonesia sudah ada belum lumayan tuh di tanam di rumah bisa buat cemilan kalau lagi blogwalking hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya masih jarang mas,,,, kalau ada pun lumayan mhal kali ya? :))

      Delete
  8. sepertinya memang persis apel ya mbak

    ReplyDelete
  9. Ini hasil kloningan buah apel ya mba... :d

    ReplyDelete
  10. Bentuknya seperti apel malang ya Mba. tapi kalau rasanya apa sama ya jujube dengan apel Malang ?

    Salam,

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas rupa bentuknya menyerupai apel malang,,, rasanya beda,,,,

      Delete
  11. Replies
    1. boleh juga mas,,,, kalau ada,,,jual juga

      Delete
    2. masa sih mas Budi bukanya tengkulak aneka buah-buahan hahaha

      Delete
  12. Kayaknya rasanya sama kayak apel atau pir ya,,, jangan-jangan itu sebenernya buah duren yang berevolusi? hmm...

    ReplyDelete
  13. Saya baru lihat dan baru tau namanya nih Mbak Maya
    Tentang buah jujube nama nya seperti Nama Perempuan sunda di daerah saya
    Sedangkan bentuknya menyerupai Buah Apel Hijau yah Mbak Maya? :d

    ReplyDelete
  14. kalo disaya namanya apel jepang :D wkwkwk emang enak rasanya.. dulu waktu SD temen saya punya pohonnya dan saya pernah mencobanya :p

    ReplyDelete
  15. Dunia begitu beragam tanaman buahnya bisa asli produk lokal :>) , mendatangkan dari luar [-( , telah menyesuaikan dengan iklim setempat (p) , dan pengembangan baru. Tentu ahli pertanian setempat telah mengambil peranan yang besar dalam pengembangan buah Jujube ini @-) . Kabarnya buah Jujube yang manis, renyak, dan enak ini akan diekspor ke Jepang (h) . Tentu pasar di Jepang akan menyambut antusias produk buah Jujube ini. Salam cemerlang! (k)

    ReplyDelete
  16. Buah ini banyak tumbuh di kawasan China dan Asia selatan,kalau di Malaysia dinamakan buah bidara,,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau di Jawa barat namanya buah naon kang

      Delete
  17. Saya kira apel hijau ternyata buah jujube, mau dong saya dikirim buah jujube, satu aja jangan banyak - banyak v

    ReplyDelete

 
Toggle Footer