Breaking News
Loading...
Sunday, December 1, 2013

Cara Membuat Telur Bitan

9:50 PM

Sobat dunia maya khususnya pecinta kuliner china, pasti tidak asing lagi dengan Telur Bitan, bagaimana proses cara pembuatannya? Sama seperti telur asin, telur bitan termasuk produk pangan hasil pengawetan telur bebek. Jika telur asin menggunakan tanah liat atau abu gosok dan garam, telur bitan ini menggunakan sekam (kulit padi).

Waktu pemeramannya juga berbeda, telur asin butuh waktu 7 - 10 hari, sedangkan telur bitan butuh waktu 100 hari (3 bulan). Selama pemeraman, lingkungan basa menyebabkan putih telur mengeras dengan warna kehitaman dan transparan, serta kuning telurnya menjadi hijau kecokelatan. Telur ini bersifat basa, maka di dalam tubuh dapat membantu menetralisasi asam lambung.

Berikut langkah-langkah pembuatan telur bitan:

Bahan:
- 2500 gram bata merah dan ditumbuk halus atau tanah liat kering dan halus
- 125 gram daun teh kering
- 400 gram garam kasar
- 100 gram abu kayu atau arang
- 400 gram kapur sirih

Cara membuat:
1. Semua bahan campur aduk dengan tangan, beri air sedikit demi sedikit aduk hingga rata dan menjadi adonan yang dapat dibentuk, lalu diamkan semalam.

2. Siapkan 20 butir telur bebek, cuci bersih dan keringkan .

3. Bungkus setiap butir telur dengan adonan yang sudah dibuat (no.1) setebal kurang lebih 1 cm, gulirkan pada 400 gram sekam padi sehingga seluruh adonan tertutup rata.

4. Tata telur dalam tempayan tanah liat, keramik, porselen atau kayu. Tutup rapat dan simpan di tempat sejuk selama kurang lebih 25 derajat selsius selama 100 hari untuk memperoleh hasil optimal.

Setelah mengetahui proses pembuatan telur bitan di atas, bagaimana? ada yang tertarik dengan usaha ini? Selamat mencoba,,,,,,!

47 komentar:

  1. wah lebih lama dan memang jauh lama daripada membuat telur asin, tapi khasiatnya mantap ya mba :)

    ReplyDelete
  2. wow lama banget, prosesnya sampai 3 bulan. ^^

    ReplyDelete
  3. Pntesan mahal, orang proese pembuatan telornya saja ribet dan lama.

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi usaha sampingan mas :)

      Delete
    2. kayanya bisa dijadikan bahan usaha yah hehe :D

      Delete
  4. eh lah, ternyata mirip bikin telur asin ya Mbak, cuma komposisi bahannya saja yang beda...pakai daun teh

    ReplyDelete
  5. Lama juga ya mbak...itu yang dalamnya hitam itu ya...kayaknya memang sedikit mahal itu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. pernah makan juga ya mb? iya itam.... =p~

      Delete
  6. Iiihh, masih sehat buat dimakan kah itu? 3 bulan gitu loh.. #Mikir

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih mb,,,,,
      telur bitan bersifat basa sehingga bisa menetralisir dalam tubuh

      Delete
  7. wah saya baru tau mbak.. oh ini yang dalemnya hitam kecoklatan itu ya mbak.. yang dulu pernah mbak maya posting juga.... :)

    ReplyDelete
  8. mirip membuat telur asin ya mbak, cuma waktunya saja yang lebih lama (p)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget kang,,,,,
      gimana? bisa coba usaha ini,,,,

      Delete
    2. masalahnya di jawa ada yang mau beli nggak mbak :-d

      Delete
    3. ada mas,,,,, jual ke orang cina,,,, kan banyak tu :)

      Delete
  9. Ckckck bisa sampe 3 bulan, lama amat yah bikinnya, mungkin lebih enak dari telor asin ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak mas,,,,tawar n gurih aja,,,, g asin

      Delete
  10. saya malah baru dengar ini telur bitan...wow lama banget ya sampai 3 bulan prosesnya :O

    ReplyDelete
  11. kelamaan., kasihan yg sdh pd lapar ;-(

    ReplyDelete
  12. jadi kepengen coba untuk membuat telor ini,tapi sayakan orangnya nggak sabaran,apakah bisa sabar saya menuggu sampai 3 bulan hehehe,,,,ok paling tidak kan dapet pengetahuan baru dari postingan dik Maya ,,ok terimakasih untuk info yang satu ini

    ReplyDelete
  13. lama sekali yak mbak :-)
    keburu abis ma semut hehehe
    wah telur kayak gini pastilah mahal:-D

    ReplyDelete
  14. kayaknya enak tuh,, saya belum pernah coba yang begituan

    ReplyDelete
  15. CTRL+D dulu mba maya, siapa tau ntar kepikiran buat bikin, mesti nunggu 3 bulan nih... ;((

    ReplyDelete
  16. Saya tulis dulu deh bahan-bahan dan cara pembuatannya. Lumayan buat coba-coba :D
    Terimakasih

    ReplyDelete
  17. Ma'af sob baru bisa berkunjung
    he............m lama juga ya mbak waktu pemeramannya, sampai 3 bulan [-(

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ditetaskan sudah jadi bebek remaja ya mas :))

      Delete
  18. unik juga ya telur bitan ini, menggunakan sekam sebagai pengawetnya

    ReplyDelete
  19. telur bitan itu telur di rubung tumo ya mbak ?

    ReplyDelete
  20. Saya malah baru dengar mbk mengenai kuliner yang satu ini :D

    ReplyDelete
  21. aku malah baru denger yang namanya telur bitan...
    katrok bener yah..?

    ReplyDelete
  22. Aku belum pernah cobain sis, bisa di lempar kesini hasilnya sis :-)

    ReplyDelete
  23. wah lama banget nyimpennya

    baru tahu, bener.

    ReplyDelete
  24. Wah boleh dicoba ini hehehe. Sip. Nice info :)

    ReplyDelete

 
Toggle Footer