Breaking News
Loading...
Friday, February 21, 2014

Festival Lentera di Pingxi

7:13 AM
Setelah beberapa waktu lalu mengetahui sejarah hari valentin, dan bercerita tentang suatu festival lentera yang sangat terkenal  yaitu Pada tahun 2009 Pingxi Sky Lantern Festival terpilih oleh Discovery Channel sebagai Perayaan Malam Tahun Baru terbesar no 2 di dunia.
lho? imlek serta cap go meh nya kan sudah lewat? hehehe,,, mohon maaf tuk sobat semuanya, telat, lambat publish, karena kesibukan di dunyat hehehehe,,,,
alasan

Cap Go Meh (十五暝) berasal dari dialek Hokkien (十Cap: Sepuluh, 五Go: Lima, 暝 Meh: Malam) yaitu hari ke-15 bulan pertama kalender lunar dan hari terakhir dari masa perayaan Tahun Baru Imlek bagi etnis Tionghoa di seluruh dunia. Masa dimana berakhirnya atau penutupan imlek.
Taiwan Lantern Festival (台 湾 灯会; pinyin: Taiwan Denghui) merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Biro Pariwisata dari Kementerian Perhubungan dan Komunikasi Taiwan untuk merayakan Festival Lentera selama Tahun Baru Cina. Banyak dan berbagai macam perayaan yang ada, salah satu perayaan yang sangat terkenal Pingxi Sky Lantern Festival atau biasanya mereka menyebutnya dengan Tiān dēngjié 天燈節 (pelita langit).

Sejarah
Pingxi adalah nama suatu daerah yang terletak di pedalaman New Taipei City, dulunya merupakan daerah pegunungan dengan hasil pertanian berupa ubi, teh dan pohon kamper. Karena itu, banyak terjadi perampokan di sana. Warga yang ketakutan akan mengungsi ke atas gunung. Setelah kondisi aman, orang yang ada di bawah gunung memberi kabar kepada mereka dengan melepaskan lentera ke udara sebagai tanda atau sinyal. Penduduk yang mengungsi di daerah lain akan berbondong-bondong pulang. Dari sinilah berawal tradisi pelepasan lentera pada Hari Raya Cap Go Meh.

Namun sumber lain menceritakan bahwa "lentera langit" diciptakan selama periode Tiga Kerajaan (220-265) oleh Zhuge Liang. Pada awalnya digunakan untuk mengirimkan informasi militer, berbeda dari menara suara namun mempunyai fungsi yang sama, dan sekarang umumnya diakui sebagai warisan nenek moyang tentang awal balon udara panas. Pada awal abad ke-19 Festival Lentera dibawa ke Taiwan, di mana setiap tahun, pada awal musim tanam musim semi, orang akan merilis "lentera
langit" ke udara sebagai doa untuk tahun mendatang. Karena di zaman dahulu tujuan pernikahan adalah untuk menambah anak dan meningkatkan tenaga kerja, orang-orang pergi ke tempat ibadah untuk berdoa kepada leluhur, dewa langit dan membuat lentera serta mereka menulis do'a dan harapan seperti Semoga anak lahir dengan selamat, Semoga hasil panen melimpah. Kemudian diterbangkan mengikuti angin.


Menurut informasi warga setempat bahwa menerbangkan lentera di luar Pingxi merupakan sebuah tindakan ilegal. Kenapa? lentera bisa beredar hingga 5 kilometer di ketinggian 500 meter dengan waktu terbang tergantung dengan bahan bakar yang tersedia. Sehingga jika tidak diterbangkan di Pingxi, dikhawatirkan akan jatuh di rumah-rumah padat penduduk, gedung-gedung atau bahkan di sarana publik yang bisa menyebabkan kebakaran dan mengganggu pemandangan. Sementara di sekitar Pingxi, banyak petugas kebersihan telah dipersiapkan juga oleh pemerintah untuk membereskan masalah sampah akibat dari festival ini. Ini adalah bukti bahwa Pemerintah Taiwan sangat serius menggarap perhelatan akbar yang mampu menyedot perhatian banyak pengunjung.

Lentera dirangkai dengan lingkaran bambu, kawat dan direkatkan dengan lem. Lentera diterbangkan beroleh energi dari pembakaran kertas fu yang telah dilumuri minyak tambang batubara yang dicampur dengan minyak sayur. Ketika menyala, api memanaskan udara di dalam lentera, sehingga menurunkan kepadatan dan menyebabkan lentera naik ke udara.


Arti warna pada lentera:
Merah: Keberuntungan
Pink: Jodoh
Merah-Peach: Peluang
Oranye: Uang
Kuning: Sukses di sekolah dan karir
Putih: Kesehatan
Hijau muda: Pertumbuhan
Biru Muda: Impian terkabul
Ungu : Idealism

Lentera membawa doa serta harapan dan keinginan kemudian dinyalakan, perlahan-lahan naik, terbang ke atas setinggi-tingginya, mengubah langit malam kota Pingxi menjadi hamparan keindahan yang tak terbayangkan.


57 komentar:

  1. iya mb tika,,,,:)

    popupnya masih mb,,,,, hehe,,, td kesana tp lom sempat komen karena popup ria

    ReplyDelete
  2. Wuih, keren banget pastinya yah mbak Maya, keliatan dari bawah tu lenteranya.. Keren! Jadi mau liat langsung juga :)

    ReplyDelete
  3. wah di orang tiong hoa memang kreatif dalam membuat acara ya mbak.. bayangin saja kalau ini di lakukan pada malam hari pasti makin keren mbak suasana langitnya hehehe

    ReplyDelete
  4. baru tahu saya cap go meh itu artinya apa :d
    Rame ya acaranya, apalgi malam puncaknya langit penuh dengan lentera merah

    ReplyDelete
  5. wah meriah sekali kak festival nya :)

    ReplyDelete
  6. meriah banget nih nampaknya mbak jadi pingin nonton saya, hehehe :D

    ReplyDelete
  7. Festivalnya keren,kayaknya asyik tuh kalo ditonton langsung,tapi sayangnya tempetnya kejauhan :D

    ReplyDelete
  8. Festival lentera di pingxi keren ya.... di mana kita dapat melihat anka ragam lampu lentera yang beragam kreasi dan warna.

    Salam

    ReplyDelete
  9. waduh... saya kok baru tahu yia ada festival lentera semacam itu, thx sharingnya yia bos.........

    ReplyDelete
  10. waaaah hebat banget... coba di indo ada vestipal lentera... ups, itu kan pakai minyak tanah ya, kan di indo langka minyak tanah... pakai pertax bisa ndak ya May

    ReplyDelete
  11. setiap sejarah memang meempunyai keunikan tersendiri bila dibaca, tak terkecuali dengan Festival Lentera ini, pastinya ini sangat berguna bagi yang sedang mencari referensi ya :)

    ReplyDelete
  12. lampion tian... tradisi yg seru... oo..jd pengharapan diterbangkannya lampion ini.. juga diniatkan agar byk anak y May..!, ane mw coba..:d,,

    ReplyDelete
  13. Misi gan blog walking

    VIDO GARMENT

    Menerima Pemesanan Pembuatan :

    - Kaos
    - Polo Shirt
    - Kemeja
    - Jaket
    - Seragam Kerja
    - Apron
    - Baju Cheff
    - Topi
    - dll

    Minimal pemesanan 24 pcs
    Lama pengerjaan :
    kaos dan polo = 15 hari kerja
    kemeja dan jaket = 21 hari kerja


    Office :
    Jl. Gubeng kertajaya 6 No 37, Surabaya
    031 - 9123 2394 / 0857 3014 1717
    email : vidogarment@yahoo.com
    website : www.vidogarment.com

    ReplyDelete
  14. Iya juga dari ceritanya mbak maya kalau lentera yang terbang itu jatuh di kawasan rumah padat penduduk bagaimana..kalau balon sih nggak apa

    ReplyDelete
  15. wah unik-unik banget bentuk lenteranya yah..pastinya seru acaranya :)

    ReplyDelete
  16. keren banget festival lentera di pin xi, artikelnya bagus bisa buat nambah wawasan (h) :))

    ReplyDelete
  17. informasi yang menarik...pasti seru acaranya

    ReplyDelete
  18. Replies
    1. Kebetulan sekali di kotaku ini belum ada yang begituan ;((

      Delete
  19. wah rame baget ya kak. Jadi pengen kesana deh untuk nonton festifal juga :)

    ReplyDelete
  20. disini juga ada acara seperti itu,tapi yg diterbangkan itu namanya tangklung kalo disini.

    ReplyDelete
  21. bahaya juga jika lantera itu jatuh ke rumah orang ya.. boleh menyebabkan kebakaran..

    ReplyDelete
  22. Lenteranya bagus dan indah semua Mbak :)

    ReplyDelete
  23. kalau pas malam jadi terlihat indah yah mbak dengan cahaya yang berkelip-kelip kapan yah di Indonesia ada acara seperti festifal lentera seperti ini.

    ReplyDelete
  24. nampak eksotik klo lenteranya pas terbang rame2

    ReplyDelete
  25. wah.. saya telat nih mampirnya. sudah habis ya May bagi-bagi sembakonya.. :-d

    ReplyDelete
  26. Klo dinegara saia endonesia
    Khususnya kampung saia ada festival semacam lentera
    Tpi nmnya lampu nyampliek
    Ritual ini dilakukan pada saat listrik padam

    ReplyDelete
  27. betapa meriahnya lentera lentera itu ketika berada di angkasa

    ReplyDelete
  28. Di negara lain lentera sajah bisa jadi sebuah festival, kalo di Indonesia malah hampir punah :)

    ReplyDelete
  29. pingxi beda tipis sama Desa Cilembu, komoditi pertaniannya Ubi kan.
    arti warna itulah yang membuat hati ini tercenung...ternyata maknanya dalem banget ya....mudah mudahan festival lentera ini diikuti juga oleh jakarta deh...;o)

    ReplyDelete
  30. Saya mohon, tolong kunjungi blog saya di http://cikirana.blogspot.com

    ReplyDelete
  31. Wah mbaknya jago sejarah bangsa lain juga ya.. mampir ya mbak ke blog baruku hehe :D

    ReplyDelete
  32. di medan kayaknya ada dirayakan juga. soalnya saya juga melihat banyak lentera dilangit malam. mungkin ini perayaannya ya

    ReplyDelete
  33. itu kereta apinya kayak di indonesia cma lebih bersih dan rapi yah mb'

    ReplyDelete
  34. bagus juga yah mbak, bagaimana cara bikinnya yah pengen nyoba bikin lentera yang bisa terbang hehe...

    ReplyDelete
  35. Wah rame ya festivalnya... Ga kebayang kalo aku ikutan di sana... :D

    ReplyDelete
  36. Ternyata disana rame banget ya. Dan balon udara nya lumayan unik.
    Dari situlah kebudayaan mereka selalu lestari

    ReplyDelete
  37. Tradisi yang unik dan masih lestari. Betapa indahnya jika warisan budaya terjaga.

    ReplyDelete
  38. Selamat malam Mbak Maya Wahhh... Unik dan menarik yah Mbak LENTERANYA
    Koq bisa terbang tapi gak ada mesinya. kaya asyik deh bisa lihat aslinya. makasih Mbak :)

    ReplyDelete
  39. Kunjungan pagi Mbak Maya, di ARTIKEL lentera di pingxi
    Wah selama ini kita belum saling Follow blog yah Mbak Maya?
    Pantesan saya ketinggalan berita terus di artikel Mbak ini?
    Ijin Follow yah biar silaturrahmi dan saling berkunjung
    Lebih mudah dan nyaman. follow blog sudah succesful Mbak maya

    ReplyDelete
  40. belum pernah nonton festival lentera. tapi dulu pernah menerbangkan lentera :D .

    ReplyDelete
  41. Selamat malam sobat.
    Artikelnya sangat bermanfaat sob tentang Festival Lentera di Pingxi ini. Terus terang saya belum pernah kesana sob. Izin belajar dan menyimak dengan seksama informasi yang dijelaskan dalam artikel diatas. Terimakasih sobatku

    ReplyDelete
  42. Gak begitu kenal mbak sama festifal lentera hehe.. Baru denger malahan :D

    ReplyDelete
  43. Dari dulu saya penasaran tentang cara membuat lentera beginian
    tak disangka ternyata ukurannya besar-besar setelah liat
    fotonya diatas hehehe

    ReplyDelete
  44. mantep mbak, dulu saya juga pernah buat itu sama tetangga.. :D

    ReplyDelete

 
Toggle Footer