Breaking News
Loading...
Sunday, April 20, 2014

Dajia Mazu Festival

11:57 PM
Zhen Lan Temple di pagi hari
Dajia adalah sebuah distrik pinggiran kota pesisir di Taichung (Taiwan bagian Tengah). Kota ini terletak di sudut barat laut Taichung. Iklim wilayahnya Sub-tropis, dan suhu rata-rata adalah sekitar 24 derajat Celcius.

Mazu adalah Dewi Laut, yang sebagian besar disembah oleh orang-orang di daerah pantai tenggara China termasuk Taiwan.

Legenda Mazu mempunyai banyak versi, namun dunia maya hanya menceritakan festival yang terjadi beberapa minggu lalu tepat pada pertengahan musim semi saat  bunga sedang mekar alami.

Ada 390 kuil yang mengabadikan Mazu di seluruh Taiwan. Setiap bulan Maret dalam kalender lunar, tepat kelahiran Mazu, setiap kuil mengadakan perayaan sendiri, namun yang paling terkenal yaitu Zhen Lan Temple didaerah Da jia.

Festival Dajia Mazu berlangsung selama 9 hari 8 malam (06-15 april 2014), berjalan hingga 12 jam per hari, menempuh perjalanan sekitar 330 kilometer, melewati 21 kota dan lebih dari 80 kuil, dengan rute parade di 4 kota pesisir di pusat Taiwan, termasuk Taichung, Changhua, Yunlin dan Chiayi.

Suasana Keberangkatan
Lebih dari seratus ribu peziarah datang untuk bergabung dengan tur dari Zhen Lan Temple Da jia, para peziarah memanggul patung Mazu dengan tandu dan kemudian kembali ke Da Jia.

Sebelum mengadakan long march bersama para peziarah berdoa untuk meminta berkah dari Mazu di Kuil Zhen Lan, setiap peziarah membawa sebuah bendera. Para peziarah menuliskan nama mereka pada bendera dan kemudian mencapnya dengan stempel kuil. Sembari membawa bendera, peziarah mengelilingi tungku kuil tiga kali sebelum membawanya pulang ke rumah.
Selama Festival Mazu, terdapat beberapa kegiatan yang mewarnai festival sakral ini, seperti drum band, tarian singa, musik elektronik dan pertunjukan tari yang mengiringi patung Mazu.

Pada saat keberangkatan, ada nomor ritual dilakukan untuk mendoakan berkah, aman dan damai, dan setelah upacara, ribuan peziarah akan mengikuti patung Mazu yang diletakkan dalam tandu. Selama tur, peziarah akan terus datang menyembah berbaris dalam keadaan sujud di bawah tandu Mazu untuk keberuntungan, karena diyakini bahwa seseorang akan mendapatkan kemakmuran dan keberuntungan.

31 komentar:

  1. adminnya yg mn nih, kok gak ada fotonya?

    ReplyDelete
  2. Wah pantesan mbak maya betah nggak pulang pulang. Ternyata di taiwan banyak acara atau pesta rakyat to. Hmm tak susul ketaiwan ya mbak hahaha

    ReplyDelete
  3. rame banget nih festival dajia mazu, mungkin ada yg dapet angpao juga ya mbak, hmmm x-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheheheh,,, mb indri angpao mulu ,,,:))
      bnyak makanan mb,,, selama tur dijalanan masyarakat membagi2kan makanan

      Delete
  4. Lumayan lama juga ya mbaa festivalnya 9 hari 8 malam :o

    ReplyDelete
  5. liat fotonya kayanya perayaan Dajia Mazu ini semarak banget ya.

    ReplyDelete
  6. Salam kenal.
    Liat dari potonya, meriah amat acara dajja mazu..
    Kalo di indonesia apa ya yg semeriah ini ?
    Panjat pinag ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal kembali sob.....
      kayaknya belum ada,,, heheheh

      Delete
  7. woooww sepertinya meriah sekali ya mbak, seperti 17 agustusan :-d
    ah andai saya juga bisa ikut menonton disana

    ReplyDelete
  8. salut dengan taiwan yang tetap melestarikan budaya lokalnya dan mengelola dengan baik sehingga layak jual sebagai konsumsi wisata untuk para turis.....
    keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
  9. Sangat meriah sekali Mbak Maya Dajja Mazu festivalnya, ini hanya di Taiwan yah Mbak?
    Kalau masih kebagian saya mau dong Mbak Angpao nya hehhehe :))

    ReplyDelete
  10. Kalau di Indonesia Festival seperti ini ada gak yah Mbak Maya..?
    Kalau deket ingin rasanya saya lihat perayaan nya langsung di pentas festivalnya :)

    ReplyDelete
  11. wah pestanya lama banget yah mbak sampai 9 hri 8 malam,kalau di Indonesia bisa masuk muri tuh hehehehe

    ReplyDelete
  12. Bisa habis modal Mbak kalo pesta lama kayak gitu, hehehe

    ReplyDelete
  13. wah lama banget yah pestanya, berapa biayanya yah :)

    ReplyDelete
  14. wow... meriah sekali yia bos, hehehe....

    ReplyDelete
  15. kunjungan pertama nih,,, :)
    sangat ramai sekali, emang ini untuk memperingati apa ya ?

    ditunggu kunjungan baliknya :D

    ReplyDelete
  16. festifalnya pasti meriah ya. 9 hari 8 malam pasti terasa sebentar :)

    ReplyDelete
  17. dikampung ane sayang banget nggak ada kaya begituan mbak,, coba kalo ada,,, pasti malah pada tawuran kwwkwkwkwkwkwkk

    ReplyDelete
  18. Festivalnya sampe 9 malem...meriah pastinya ya..

    ReplyDelete
  19. Wiii rame banget mbak maya

    ReplyDelete
  20. Wiii rame banget mbak maya

    ReplyDelete
  21. berarti orang jawa itu lebih meniru budaya karnaval taiwan ya ? ada sakral dan karnaval.

    ReplyDelete

 
Toggle Footer