Breaking News
Loading...
Thursday, May 8, 2014

Syndrom Merunduk

11:22 PM
Apakah Sobat dunia maya termasuk orang yang suka bermain gadget atau hp? saya yakin yang singgah kesini pasti suka, bermain gadget atau hp sering
mengheningkan cipta yaitu menundukkan kepala kapan saja dan dimana saja. Inilah penyakit yang juga dikenal dengan sebutan Syndrom Merunduk. Hal ini memang tidak terlepas dari majunya tehnologi seperti sekarang ini yang membuat kita tidak dapat melepaskan diri dari yang namanya gadget. Bahkan terkadang saat berjalan, ngobrol, gossip ataupun main game, sibuk menundukkan kepala sambil bermain gadget.

jepret di jalan

Kebiasaaan ini membuat mata kita sering terasa letih dan perih, apalagi jika dilakukan dalam jangka waktu yang panjang dan lama. Hati-hati, karena kebiasaan buruk tersebut bisa mendatangkan berbagai penyakit di kemudian hari. Gejala-gejala yang dapat kita rasakan, misalnya penglihatan menjadi kabur, kepala pening, otot-otot bagian leher menjadi linu dan pegal, bahkan ada yang menderita sakit telinga, tekanan darah tinggi dan sebagainya.

Saat mata terasa letih, pandangan kabur, bisa coba terapi sendiri dengan cara memejamkan mata, kemudian pijat bagian kelopak mata dengan arah memutar, seperti halnya mengucek mata. Pijatan seperti ini juga dapat dilakukan pada bagian tubuh yang terasa linu dan pegal karena terlampau lama menggunakan gadget atau komputer. Lakukan setiap pagi setelah bangun tidur dan malam sebelum tidur. Walau demikian, disarankan sebaiknya menjaga jarak pandangan mata dengan komputer atau gadget lainnya sekitar 30 cm dari mata kita. Jangan menggunakan komputer dan gadget di ruangan yang gelap, hindari bermain gadget saat berjalan, tiduran. Dan istirahatkan diri kita setiap selang 50 menit, agar mata kita tidak terus menerus dipaksa untuk melihat komputer atau gadget.

Semoga bermanfaat.

41 komentar:

  1. Kebetulan saya sering main gadget tapi kalo lagi jalan ya biasa aja gausah main hp sambil nunduk gitu..

    Kalo ada lubang pasti masuk tuh haha :D

    ReplyDelete
  2. Iya bener,, tapi untung saya gak punya gadget,,

    ReplyDelete
  3. hehehehe kalau di jalanan kayak itu bisa bahaya tu mbak, selain membahayakan diri sendiri juga engganggu kenyamanan orang lain :d

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas,,,
      di indonesia malah bisa2 d rampas tu :))

      Delete
  4. Awalnya bingung bahas apaan, liat gambarnya baru ngangguk-ngangguk...

    ReplyDelete
  5. wahhhhhhhhhh, ternyata ada ya mbak,, sindrom begituannn

    ReplyDelete
  6. iya, banyak orang yang skg tidak fokus, kegiatannya bermain gadget menduakan sgalanya.... hohoho

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas,,,, saya pribadi juga gitu,,, hehehe

      Delete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. benar sekali mbak jarang sekali orang memperhatikan hal-hal seperti di atas,
    sudah lama sekali perasaan tidak mampir di sini ya
    maaf komen sebelumnya saya hapus

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa dihapus mas? saya blm baca,,,, hehe

      Delete
  9. sindrom yang menjangkiti manusia seluruh dunia, kecuali saya...soalnya ngga punya gadget seh.

    ReplyDelete
  10. ya benar..saya juga sepertinya terkena sindrom merunduk ini gara2 memelototi gadget terus menerus...sepertinya mata ini wajib direfleksi dech,,,,,
    keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
  11. hmmm, gak punya gadget mba, cuma punya HP saja.. tapi HP juga bisa membuat syndrom merunduk karena di pake FB'an mulu xixiiiiiii ...

    ReplyDelete
  12. Hehehe iya kadang saya sampai ketiduran.. Karena sambil rebahan main hapenya. Enggak jadi blogwalking deh heheh

    ReplyDelete
  13. hahaha tapi rada parah sih mbak kalau sambil jalan main gadget. kalau saya sih selalu merunduk tapi tidak waktu jalan, kalau pas lagi santai atau menunggu temen gitu biasanya hehehehe

    ReplyDelete
  14. udah jamannya
    tapi tar juga berubah seiring kemajuan teknologi
    orang cukup kedip kedip pake ggogle glass atau gerakin tangan pake myo udah ga perlu genggam gadget lagi

    ReplyDelete
  15. Bisa berbahaya juga ya kalau terlalu terbiasa menunduk seperti itu apalagi kalau banyak lubang di jalan.

    ReplyDelete
  16. tapi ada keuntungannya juga kalau terkena sindrom menunduk mbak, kalau lagi jalan sering nemuin barang yang jatuh, siapa tau nemu duit jatuh :-d

    ReplyDelete
  17. wah kebiasaan saya akhir-akhir ini ni.
    Gara2 gadget jg ni.
    ;((

    ReplyDelete
  18. bahayanya kalau sambil menunduk, pas tegak kepalanya numbur tiang listrik... waduhhh, bisa benjol kepala.. hehehehe.

    ReplyDelete
  19. Bahaya banget.
    Apalagi kalau lagi merunduk dan tiba tiba tegak di depanya sudah ada buaya. makanan empuk para buaya itu sobat

    ReplyDelete
  20. Benar juga sih, kadang-kadang apabila kita kelamaan bermain ponsel mata dan tangan kita juga menjadi lelah sekali ya gan :)

    ReplyDelete
  21. Segera daftarkan diri anda dan bermainlah di Agen Poker, Domino, Ceme dan capsa Susun Nomor Satu di Indonesia AGENPOKER(COM)
    Jadilah jutawan hanya dengan modal 10.000 rupiah sekarang juga !

    ReplyDelete

 
Toggle Footer