Breaking News
Loading...
Wednesday, May 14, 2014

TUNG

8:30 AM
Setiap akhir musim semi tiba, tepatnya pada bulan April-Juli, bunga tung bermekaran di berbagai daerah di Taiwan namun daerah yang terkenal di Miaoli County. Konon zaman dahulu bunga ini pernah menjadi tanaman ekonomis penting bagi orang Hakka (suku aborigin) dan memberi peluang industri untuk penduduk setempat.


Tung ini sejenis pohon yang katanya berasal dari Sungai Yangtse, pohonnya tegak lurus ramping dan bisa tumbuh hingga 10 meter, daunnya lebat tumbuh disekitar sela-sela cabang ranting pohon, kulit pohon tung halus, berwarna abu-abu sama seperti pohon biasanya, sedangkan bunga tung memiliki 5 kelopak berwarna putih sekidit kemerahan.

Biji tung bisa mengekstrak menjadi minyak tung yang cepat menjadi lapisan (coating), bersifat keras, mengkilap dan tahan air. Selain itu, kayu tung dapat digunakan untuk membangun furniture, korek api, dan tusuk gigi dan juga merupakan bahan yang ideal untuk pembuatan kertas. Kulit batang pohon tung dapat dimanfaatkan untuk membuat karet, kulit kacang dari biji tung dapat digunakan untuk membuat arang aktif, sedangkan akar, daun, bunga dan buah-buahan dapat digunakan dalam berbagai obat-obatan. Meskipun kacang dari biji tung tidak dapat dimakan, namun dapat dibuat menjadi minyak tung dan digunakan untuk pengawetan.

Bunga Tung
Pohon tung memiliki fitur yang berbeda dalam setiap musim. Saat musim semi sekitar bulan April-mei pohon tung berbunga yang jumlahnya berlimpah pada tiap pohonnya, ini membuat suasana jalan terlihat seperti tertutup salju, sedangkan saat musim panas daun berwarna hijau sama seperti pada umumnya, kemudian setibanya musin gugur daun berubah menguning yang kemudian jatuh dan ranting pohon tung layu saat musim dingin.

Pada bulan Mei pohon tung berbunga bermekaran berwarna putih menutupi seluruh daerah pengunungan, sehingga biasanya juga disebut dengan 'May Flower' atau 'Snow May'.

Sekarang pohon tung tidak lagi memiliki nilai ekonomi dalam kehidupan masyarakat. Namun sekarang saat musim semi tiba mereka  mengadakan festival, yaitu "Hakka Tung Blossom Festival", festival ini menyajikan kreativitas gabungan gaya hidup sederhana dari orang-orang Hakka seperti makanan lokal, kerajinan tangan.

45 komentar:

  1. Kirain saya mah TUNG itu apa gitu mbak, ternyata bunga toh hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya mah nama pohon tung aja baru denger mbak :)

      Delete
    2. Sama mas kalau gitu... Saya juga baru tahu

      Delete
    3. Idem mbak, sayapun baru tahu hehe..., simple ya cuma "Tung".

      Delete
  2. unik ya namanya...cukup dengan "Tung" :D

    ReplyDelete
  3. saya kira LUTUNG tadi mbak, gak taunya nama bunga tho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehehe.... Klo di daerah saya Lutung tu binatang mas.... :)

      Delete
  4. ternyata Bunga Tung itu yang model begitu ya May, saya kira bunga yang di pukul bunyinya TUNG :-d

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yyeeeee mang yono....
      Klo di pukul bunganya mah rontok smua tu :))

      Delete
  5. sepintas kalau dilihat dari atas daun pohon tung kayak salju ya ? putihnya ini lo.

    ReplyDelete
  6. bunga tung,,seperti bunga melati ya....ternyata bisa juga diekstrak jadi minyak tung....,
    keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya liat seperti bunga sakura mas :)
      hehehe

      Delete
  7. Nama bunga Tung baru saya dengar, namun kelihatannya indah sekali ya Mba, apalagi bisa menghasilkan minyak yang berfungsi seperti itu...

    Salam

    ReplyDelete
  8. wah pohon yang serba guna yah, dari biji sampai kayunya bisa bermanfaat....

    ReplyDelete
  9. wah, suka sama negara taiwan ya?
    ditambah aja mbak sama negara jepang. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk jepang belum afa niat mas :)

      Delete
  10. kalo di Indonesia ada Gak yah Mba Bunga Tung tersebut ? .... atau mungkin nama berbeda hehee... nice info mba Maya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya ada mas,,, maya pernah liat dari daunnya,,, tp lupa namanya ap

      Delete
  11. oh bunga tung ya. dari kejauahan nampak indah sekali pemandangan gunungnya :D

    ReplyDelete
  12. banyak juga manfaatnya ya mba bunga tung, dah ada di indonesia, dah masuk ke indonesia belum ya mba.

    ReplyDelete
  13. Bergerombolnya itu yang bikin cantik mbak maya

    ReplyDelete
  14. Wah sempurna banget tuh pohon tung ya mbak. Semua bermanfaat yang ada di pohon tung ini. Namanya juga unik mbak.. Mungkin kalau kayu pohon tung ini kalau di pukul bunyinya tung tung gita ya mbak makanya di kasih nama tung hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe,,, bisa aja mas nady ni,,,, :))

      Delete
  15. kiranya dapat ngga ditanam tungnya di cilembu yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dapat g ya? kali aja dapat kang :))

      Delete
  16. Apakah di Indonesia bisa berkembang ya mbak?

    ReplyDelete
  17. Oh ini tuh namanya tung ya, baru tau, pernah liat sih dan gak tau juga ternyata bisa jadi obat ya.. :)

    ReplyDelete
  18. di Indonesia mah kagak ada tuh bunga Tung kayaknya. Saya aja baru kali pertama ini denger di sini.

    ReplyDelete
  19. Tung pase aeee..... #eh tu india ya bukan taiwan. mbak, jika berkenan terimalah the liebster award

    http://mask-id.blogspot.com/2014/05/liebster-award-dariku-untukmu.html

    ReplyDelete
  20. Unik ya namanya, tapi bunga cukup indah. Saya baru pertama kali tau ternyata nama bunga itu ada yg unik juga ya hehe.

    ReplyDelete
  21. Baru tahu ada bunga yang namanya "Tung" nice informasi :D

    ReplyDelete
  22. owhhh ternyata Tung Itu bunga tohh kirain Pen + Tung = Pentung hehe :>)

    ReplyDelete

 
Toggle Footer